Bos Google Temui Menkominfo, Ada Apa?

Comment

SICOM Sergei Brin, pendiri Google, mendarat Senin (28/12/2015) pagi di Jakarta setelah liburan Natal di Raja Ampat, Papua. Di Jakarta, Sergey bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Pertemuan itu dilakukan sebelum Sergey kembali ke Amerika Serikat.

Pertemuan pertama dilakukan Sergey Brin dengan Menteri Arief Yahya pada pukul 16.00. Sergey lantas menemui Menteri Rudiantara di kantor Kominfo.

Topik pertemuan belum diketahui, tapi belum lama ini Google membuat perjanjian kerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk Loon, proyek balon Google yang dapat membantu akses jaringan telepon dan internet di pedalaman.

Balon Google rencananya akan diterbangkan mengelilingi Indonesia di ketinggian 20 kilometer. Balon ini akan memancarkan sinyal 4G LTE dengan frekuensi 900 MHz. Sinyal  seluler 4G LTE ini merupakan teknologi dengan base station buatan Google sendiri. Namun, Google akan bekerja sama dengan tiga operator yakni Telkomsel, Indosat dan XL Axiata. Operator ini sudah menandatangi kerja sama. Balon ini bisa terbang 150 hari di angkasa, dan saat mengempis maka balon akan mendarat di daratan.

Head of Communication Google Indonesia Jason Tedjasukmana membenarkan kabar tersebut. “Ya, Sergey Brin sedang berada di Indonesia, sedang berlibur,” katanya. Tapi, Jason tak bisa menjelaskan lebih jauh kegiatan dan agenda Sergey selama di sini. “Kami belum tahu soal itu,” katanya.

Kedatangan Sergey Brin ini memang jauh dari “radar” para wartawan. Sergey juga bukan tipe orang yang mengunggah foto saat liburan, seperti halnya pendiri Mark Zuckerberg saat berlibur ke Borobudur, Yogyakarta. Alhasil, tiba-tiba saja wartawan dikejutkan dengan kemunculan Sergey di kantor Kementerian Pariwisata dan diteruskan dengan bertemu Rudiantara di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika.fri/tm

 

Up Next

Related Posts

Discussion about this post