Gesits Motor Listrik Skutik Karya Arek Surabaya

Bakal Dipasarkan 2017

Comment

SIAGAINDONESIA.COM Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) digandeng PT Garansindo Inter Global meluncurkan sepeda motor skutik listrik, Selasa(3/5/2016).

GESITS namanya yang identik dengan gerakan manuver juga berarti lincah. Garasindo Elektrik Skuter ITS, jadi itu namanya kolaborasi jadinya GESITs.

Sepeda Motor Listirk GESITS merupakan satu satunya alat transportasi roda dua yang mampu menempuh jarak hingga 80 – 100 Km.
Menurut Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Muhamad Nasir dalam peluncuran prototype produksi Motor Listrik Gesits ini dirinya mengucapkan selamat dan sukses atas peluncuran sepeda motor listrik GESITs ini.

“Nanti kami akan sampaikan terkait regulasinya dalam hal ini melalui kementrian perindustrian, juga menteri keuangan apalagi terkait pajaknya untuk motor listrik ini,” tegas Menteri M. Nasir.

Saat ditanya apakah sudah ada targetnya Muhamad Nasir mengatakan sudah ada. “Begitu nanti sudah keluar diindustri kami akan perjuangakan kesana,” imbuh Nasir.

Saat ditanya apakah ada proyek lain Muhamad Nasir menyatakan baru kali ini.

“Sekarang ini memang kendaraan listrik yang baru ini adalah sepeda motor listrik ini dan untuk yang kedua adalah, yang ketiga adalah mobil listrik masih jauh, kalau motor listrik sudah dekat dengan industri, ” kata M. Nasir lagi.

Produk inilah yang nantinya akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. “Kalau bisa dipasarkan di Indonesia ini targetnya 2017 mulai dipasarkan, dan si Gesits ini adalah produk pertama yang ada didunia dan diproduksi pertama kali oleh Indonesia,” ujar Menristek M. Nasir.

Sementara itu Ketua Riset Muhamad Nur Yuniarto kepada SICOM mengatakan sepeda motor listrik ini merupakan sepeda motor skutik.

“GESITS ini sendiri merupakan sepeda motor skutik otomatis bertenaga listrik dengan daya motor 5KW,”tutur Ketua Tim riset GESITS Dr. M Nur Yuniarto kepada .Selasa, 3 Mei 2016.

“Terletak di bawah jok baterainya dan tidak ada bagasi disini, kalau untuk motor listriknya ada diposisi bawah dekat arm,” ujar dosen Teknik Mesin ini

Untuk sepeda motor listrik Gesits sendiri setara dengan motor konvensional yang memiliki mempunyai kemapuan hingga 125 Cc.

IMG_20160503_095122
Sementara un spedometernya merupakan terobosan terbaru yang diterapkan. Nur Yuniarto menjelaskan untuk spedometer yang ada di Sepeda Motor Listrik ini menggunakan terobosan yakni pengereman regeneratif dengan android.

“Jadi kita menggunakan smartphone android untuk terobosan spedometernya jadi itu yang tidak ada pada umumnya saat ini, dimana koneksinya menggunakan blutooth, sehingga orang yang memiliki smartphone android kita instal softwarenya dan bisa digunakan monitor dimotor itu maupun dari jauh,” ucapnya
Untuk pengisian baterai sendiri jika dikalkulasikan mencapai Rp.7500 dan sangat hemat.

“Jadi untuk 5 KWH itu saat ini misal harga rp 1500 sekarang harga listriknya berarti dikalikan 5 jadi Rp7500 bisa untuk seratus kilo dan sangat hemat murah,” tuturnya.

Selain itu,  Baterai sendiri juga bisa dilepas dan untuk sistem pengereman juga regenartif. “Khusus untuk baterainya ini uniknya kami ini letakkan dibawah jok atau didalamnya, bisa dilepas dengan mudah juga,” ucap pria berkacamata ini.

Ditambahkan oleh Yuniarto, untuk baterainya bukan baterai charge. Tetapi ada dua opsi bisa lepas dan bisa ditukar dengan baterai baru, karena sebelumnya juga ada konsep seperti pengisian tangki LPG, sebenarnya kita dalam penggunaan motor listrik ini akan membeli energinya saja,” tegas Dosen Teknik Kimia ITS ini.

Salah satu ide yang ada sendiri untuk energi listrik kedepan akan didistribusikan dan bisa didapat di Alfamart, Indomart, SPBU.di

Up Next

Related Posts

Discussion about this post