Novel Serial Detektif Karya Mia Mutiara Terinspirasi Film-film Era 80an

Detective Andy Terbit dalam Empat Judul: Nyanyian Kematian, Rahasia Naskah Terakhir, Prahara Dakota, dan Sang Profesor

Comment

SIAGAINDONESIA.COM Mia Mutiara termasuk salah satu penulis novel serial detektif di Indonesia. Wanita berjilbab ini mengaku terinspirasi dari film-film lawas di televisi seperti McGyver, Hunter, dan The A Team.

Cerita Mia, dirinya tidak menampik di Indonesia ada banyak novel detektif. Namun demikian, untuk menuangkan cerita detektif Mia harus menciptakan tokoh baru. Salah satunya Andy.

“Ketika menulis novel pertama, saya bersiap untuk kenyataan bahwa sudah ada begitu banyak novel detektif di khazanah perbukuan Indonesia.

Masing-masing memiliki tokoh dan karakter tersendiri, dengan segala ciri khasnya. Baik itu para penulis pemula atau mereka yang sudah ternama. Jadi kalau saya tetap ‘nekad’ menerobos kenyataan itu, alasannya adalah cinta. Saya jatuh cinta pada genre ini sejak masa remaja. Kala itu era delapan puluhan, stasiun televisi hanya satu namun cukup banyak menyajikan serial bertemakan detektif, polisi atau laga.

Sebut saja serial Return of the Saint dari Britania dengan aktor Ian Ogilvy, yang membuat remaja putri masa itu histeris karena ketampanannya. Atau serial CHiPs yang menggambarkan kinerja kepolisian negeri Paman Sam. Belum lagi serial melegenda lainnya seperti McGyver, Hunter atau The A Team,” kata Mia kepada siagaindonesia.com, Jumat (2/9/2016).

Tokoh-tokoh dalam semua tayangan itu berikut aksi mereka, lanjut Mia, cukup membekas dalam ingatan. Lalu, terlintaslah dalam pikiran Mia untuk menciptakan tokoh sendiri, dengan kisah dan aksi yang saya buat sendiri pula. Kemudian lahirlah sosok Andy Syahrul, seorang pemuda yang gemar memecahkan misteri dan bertualang.

“Cukup lama tokoh rekaan saya hanya tersimpan dalam coretan-coretan di buku, tanpa dipublikasikan. Tahun 2015 barulah saya memberanikan diri untuk menerbitkannya secara self publishing atau indie. Novel seri dengan tag Detective Andy sudah terbit dalam empat judul – Nyanyian Kematian, Rahasia Naskah Terakhir, Prahara Dakota, Sang Profesor. Menyusul judul kelima yang masih dalam proses,” ujarnya.

Selain pengaruh karakter dalam serial televisi, tokoh-tokoh dalam novel-novel detektif ternama pun ikut andil dalam kelahiran Andy Syahrul. Semisal gaya deduksi Sherlock Holmes, kerjasama Kosasih-Gozali, tipikal kecerdasan yang elegan ala James Bond. Semua berpadu dalam setiap petualangan sang tokoh rekaan Mia.

Namun tentu saja harus ada yang beda. Harus ada nilai tambah yang membuat tokoh rekaan Mia tidak terjebak dengan hanya meniru tokoh yang sudah terkenal. Dan nilai tambah itu adalah harmoni dua sisi. Modern dan tradisional. Sipil dan aparat. Kebebasan dan prosedur.

“Saya tinggal di desa yang kondisi alamnya memberi banyak inspirasi untuk kisah-kisah berbau petualangan dan penyelidikan. Tokoh Andy Syahrul berdomisili di kota besar, namun dalam setiap kisahnya selalu ada bagian di mana ia keluar dari kotanya menuju pedesaan atau pinggiran. Gambaran suasana desa dengan alam dan penduduknya, berpadu dengan problematika perkotaan,” ungkapnya.

Selain tokoh Andy Syahrul yang notabene dari kalangan sipil, ada tokoh Indra Sakti sebagai sahabatnya. Melalui tokoh ini, Andy bisa menjalin pertemanan dengan Dewangga, seorang perwira di kepolisian kota. Ketiganya bekerja sama, harmoni antara sipil dan aparat. Sebebas apapun seorang sipil menangani satu misteri, eksekusi akhir seperti menahan tersangka tetap menjadi tugas aparat kepolisian.

Terlepas dari itu semua, novel serial ini tetaplah kisah fiksi. Fiksi yang diharapkan dapat menghibur sekaligus memberi manfaat. Serial Andy Syahrul diterbitkan secara indie yang sampai saat ini hanya bisa dipesan online.

“Semoga ke depannya, saya bisa menerbitkannya secara mayor hingga bisa menjangkau pembaca lebih banyak lagi,” tutup Mia.

Bagi yang berminat untuk memiliki novel-novel ini, bisa memesan ke Penerbit Harfeey via SMS/WA di 081904162092, dengan format ketik Judul buku_jumlah pesanan_nama pemesan + alamat lengkap/kode pos.

Up Next

Related Posts

Discussion about this post