Telah Terbit Karya Terbaru Mia Mutiara “Serial Andy Syahrul 5: Wisata Maut”

Kisahnya Terinspirasi dari Seorang Gadis Tunanetra

Comment

SIAGAINDONESIA.COM Andy Syahrul, sosok penulis dan programmer freelance yang memiliki kemampuan analisis dan mengungkap misteri, kembali dalam petualangannya yang terbaru. Dalam novel kelima ini, ada beberapa perubahan yang dilakukan penulis buku, yakni Mia Mutiara.

Bila sebelumnya novel bertajuk Detective Andy, maka mulai seri kelima ini berganti menjadi Andy Syahrul. Perubahan ini didasarkan atas masukan dari berbagai pihak. Format novel pun menjadi lebih ringkas dan padat.

“Wisata Maut bercerita tentang upaya Andy mengungkap tabir kematian seorang pengusaha di tengah perairan sebuah bendungan wisata. Saya mendapatkan inspirasi cerita ini ketika saya berkunjung ke Waduk Darma. Sebuah obyek wisata berupa bendungan yang menjadi salah satu ikon kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Keindahan bendungan dan pemandangan sekelilingnya, perahu-perahu yang bisa dipakai pengunjung untuk berlayar di waduk, membuat saya tertarik untuk menjadikannya sebagai ide tulisan. Saya pun menciptakan petualangan Andy berdasarkan ide ini, tentunya setelah dikembangkan dengan imajinasi saya – seperti membuat tempat dan nama-nama tokoh fiktif. Kabupaten Kuningan tempat di mana saya tinggal banyak memiliki tempat indah dan bersejarah. Seakan tak habis ide untuk membuat cerita,” kata Mia dalam keterangannya pada redaksi, Senin (19/9/2016).

Tokoh utama yakni Andy Syahrul, kata Mia, tak luput dari masukan. Sosoknya yang dinilai  terlalu sempurna, di sini dijadikan lebih  ‘manusiawi’. Tergoda wanita, tersulut emosi, dan masalah-masalah pribadi lainnya.

“Berdasarkan riset lingkungan, saya mengedepankan konflik yang disebut amoraphobia. Yakni sebuah kondisi di mana seseorang tak berani untuk menjalin sebuah hubungan – atau ekstrimnya, takut jatuh cinta. Sebuah rahasia masa lalu Andy membuatnya mengalami phobia ini,” terangnya.

Dalam cerita ini, sosok kaum Hawa selalu hadir dalam setiap petualangan sang tokoh. Salah satunya adalah seorang gadis tunanetra. Ini terinspirasi dari pengalaman pribadi penulis yang punya sahabat berkebutuhan khusus.

“Dari pertemuan dan obrolan dengannya, saya jadi tahu bahwa ternyata kaum tunanetra bisa hidup layaknya orang normal. Bahkan mereka memiliki kelebihan dalam memanfaatkan indera yang ada, seperti penciuman, peraba dan pendengaran. Kemampuan seperti itulah yang membuat tokoh gadis tunanetra ini bisa membantu Andy dalam memecahkan kasusnya,” ujarnya.

Selain perubahan wajah kover, dalam novel ini Mia juga banyak mendapatkan masukan dari pihak aparat, dalam hal ini polisi. Walau baru sebatas berteman di dunia maya, mereka sangat terbuka untuk membantu.

“Saya mendapatkan pengetahuan lebih mendalam tentang bagaimana kerja kepolisian dalam mengungkap sebuah kasus dan hubungannya dengan pihak sipil. Walaupun tetap ditambahkan unsur fiksi untuk keperluan cerita dan daya tarik,” tuturnya.

Dengan berbagai perubahan ini, diharapkan Wisata Maut dapat menjadi lebih baik dari novel petualangan Andy Syahrul sebelumnya. Mia sangat berterima kasih atas semua dukungan, baik dari rekan sesama sipil maupun aparat, dan juga rekan media. Semoga bisa lebih meramaikan khazanah cerita detektif di tanah air.

Sinopsis

Rommy merogoh ke bagian dalam sweater-nya dan menyodorkan kertas yang tergulung rapi. Andy tidak langsung menerima, malah memandangi pria itu.
“Jangan lihat aku. Lihat kertas ini.”
“Kupikir Anda mau menceritakannya,” Andy membuka gulungan kertas dengan cepat. Bola matanya bergerak tangkas menyapu huruf demi huruf yang tertera.
“Dito Anwar, 50 tahun. Pengusaha peralatan olahraga asal Bandung, ditemukan tewas di tengah Bendungan Tirtaherang, seminggu yang lalu.”
“Dengan luka tusukan—dan tak hanya satu.” Andy menyambung kalimat Rommy. “Posisi tertelungkup di dalam sebuah perahu dayung.”
***
Pada petualangannya kali ini, Andy—dibantu oleh Indra, sahabatnya—diminta untuk memecahkan kasus pembunuhan seorang pengusaha. Tanpa diduga, kasus ini membawa sang Detektif bertemu kembali dengan seseorang di masa lalu yang cukup ingin dilupakannya.
Mampukah Andy menguak misteri penuh intrik ini? Lalu, bagaimana kisah asmara Andy dengan beberapa wanita yang juga terlibat dalam lingkaran masalah yang tengah diselidikinya? Dalam kisah kali ini pun, terkuak satu sisi dari Detektif Andy yang selama ini membuatnya seakan enggan membuka hati.

WISATA MAUT
Genre : Novel detektif
Penulis : Mia Mutiara

Editor/Layout : Bolin
Desain Sampul : Mochamad Haririe
Penerbit : Harfeey
Tebal : 454 Hlm, A5
Harga : Rp71.000,-
Order : Wisata Maut masih dipasarkan secara online.
Pemesanan bisa hubungi penerbit Harfeey di sms/WA 081904162092.

Up Next

Related Posts

Discussion about this post