Sandi Pembuka Misteri

Detective Andy 2: Rahasia Naskah Terakhir

Comment

SIAGAINDONESIA.COM Kasus pembunuhan bisa disebut sebagai primadona kisah detektif. Sebuah cerita tentang penyelidikan menjadi lebih menarik bila membahas kasus ini. Bukan berarti ragam tindak kriminal lain kurang ‘menjual’, namun kasus pembunuhan seakan tak ada habisnya digali menjadi sebuah cerita.

Rahasia Naskah Terakhir adalah salah satu kisah yang mengangkat kasus tersebut. Novel ini adalah serial kedua dari petualangan Andy Syahrul, seorang penulis dan programmer lepas yang memiliki kemampuan memecahkan misteri. Berbeda dengan buku pertama yang merupakan kumpulan kisah, buku kedua ini merupakan novel utuh. Selain menggambarkan dengan lebih detail kerjasama Andy dan sahabatnya, ditampilkan juga salah satu cirri khas petualangan sang penyelidik, yakni beraksi di luar kota besar.

Kisah dimulai dengan kehadiran Andy Syahrul dan Indra Sakti di pesta Adrian Darmasetya, seorang konglomerat ternama. Suasana pesta tiba-tiba terusik dengan sebuah peristiwa mengagetkan. Erland Dinar, seorang penulis yang juga merupakan undangan kehormatan, ditemukan tewas di halaman gedung pesta. Seekor ular yang berada di dekat jasad korban dipastikan sebagai penyebab kematiannya.

Akan tetapi, Andy tidak menerima begitu saja kesimpulan itu. Terlebih beberapa saat sebelum kejadian, Erland meneleponnya dengan suara yang terdengar tidak biasa. Ketika mengamati jasad korban, ia menemukan berbagai kejanggalan. Antara lain bekas luka gigitan ular yang ada. Di sini penulis menyelipkan sedikit pengetahuan tentang hewan melata itu. Dari bekas luka yang ditinggalkan, bisa diketahui apakah si ular berbisa atau tidak.

Dan Andy menyimpulkan bahwa kematian Erland bukan akibat teracuni bisa ular. Bersama dengan Indra, ia mulai menangani kasus ini atas permintaan Adrian. Andy berkenalan dengan Wossy, putri tunggal sang konglomerat. Kisah yang terjalin di antara mereka bukan sekadar pemanis, namun ada benang merahnya dengan kasus. Secara tak tertulis, aturan ini menjadi syarat bagaimana sebuah cerita terjalin utuh tanpa terserak satu sama lain.

Diperkenalkan juga tokoh Dewangga yang selanjutnya ikut terlibat dalam petualangan Andy. Seorang perwira berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi, kepala kepolisian kota. Dewangga digambarkan sebagai sosok polisi yang open minded namun tak kenal kompromi pada waktunya. Andy, Indra dan Dewangga menjadi gambaran bagaimana kerjasama antara sipil dan aparat terjalin dengan baik

Muncul pula tokoh Arnold Marshall dan Taruna Harso, yang mengaku sebagai kawan lama almarhum Erland. Dari keduanya didapat fakta mengejutkan tentang masa lalu Erland Dinar. Fakta yang membawa Andy pergi ke sebuah desa di mana Erland tinggal. Di sana ia mendapatkan sebuah naskah di tempat tersembunyi. Naskah dengan kalimat sandi di dalamnya, yang harus ia pecahkan. Karena hanya sandi itulah yang menjadi kunci misteri kematian Erland Dinar. Dan akhirnya, Andy menuntaskan kasus ini dengan hasil yang tidak pernah diduganya.

Salah satu hal yang saya gemari dari sebuah kisah detektif adalah pemecahan sandi atau kode. Ini pula yang menjadi poin utama dalam Rahasia Naskah Terakhir. Andy harus memecahkan sederet kalimat sandi berbekal pengetahuan yang ia miliki. Tidak hanya sang detektif, pembaca pun diajak untuk bisa menganalisisnya. Keterlibatan pembaca dengan memberikan petunjuk tersembunyi memberikan porsi yang sama dengan sang tokoh, atau biasa disebut dengan unsur fair-play. Pembaca tak hanya pasif membaca, namun juga serasa ikut bertualang bersama sang tokoh.

*ditulis Mia Mutiara, penulis novel serial detective

Up Next

Related Posts

Discussion about this post