Ansor Jatim Lakukan Akreditasi Sasar PC GP Ansor Ngawi Hingga Ranting

Comment

SIAGAINDONESIA-Pengurus Wilayah Gerakan Pemuda (PW GP) Ansor Propinsi Jawa Timur melakukan proses akreditasi gelombang ke-2 sasar ke Pengurus Cabang (PC) GP Ansor Ngawi. Akreditasi kali ini melibatkan 11 orang tenaga sebagai tim asesor dibawah koordinator Hasan Bisri dari PW GP Ansor Jatim melakukan pengecekan administrasi sekaligus manajemen kepengurusan PC GP Ansor Ngawi mengambil lokasi di Aula Al Falah Kantor Kemenag Ngawi Jalan Kartini, Sabtu (07/01).

“Kita akui selama ini keberadaan Ansor dalam berkegiatanya belum mempunyai standart yang jelas sehingga dilakukan proses akreditasi dalam rangka verifikasi faktual. Maka seperti keberadaan kepengurusan Ansor di Ngawi kita lihat valid apa tidak kepengurusanya,” terang Rudi Triwahid Ketua PW GP Ansor Jatim, Sabtu (07/01).

Jika kondisi kepengurusan PC GP Ansor Ngawi hasil akreditasi dinyatakan valid sesuai tata kepengurusanya kata Rudi, maka terus di support sebagai organisasi dibawah naungan Nahdlatul Ulama (NU). Jika sebaliknya dinyatakan kurang sehat sebagaimana temuan tim asesor hasil akreditasi dari PC, PAC dan Ranting maka aka ada intervensi kedalam dari PW GP Ansor Jatim untuk mempersiapkan lagi menuju penguatan organisasi Ansor itu sendiri.

Sementara itu Mahsun Fuad Ketua PC GP Ansor Ngawi mengatakan mekanisme akreditasi dilakukan melalui dua tahapan yakni kepengurusan PC dan PAC langsung di kroscek oleh PW, sedangkan tingkat Ranting dilakukan oleh pihak PC. Meski akreditasi dilakukan ketat pihaknya tidak mengkhawatirkan kepengurusan PC GP Ansor Ngawi dibawah komandonya ini.

“Pada dasarnya akreditasi ini sangat kita harapkan supaya organisasi Ansor benar-benar sehat sebagai badan otonom NU. Selain itu siap menghadapi tantangan sekaligus memperjuangkan dan membetengi ajaran Ahlussunnah wal-Jama’ah (Aswaja-red) dan mendukung kedaulatan NKRI,” jelas Mahsun Fuad.

Tandasnya, untuk kepengurusan PC GP Ansor Ngawi memang terdiri dari 19 PAC dan 217 Ranting Ansor. Meski demikian soal validitas kepengurusan Ansor di Ngawi tidak perlu diragukan lagi dan semuanya mulai dari tingkat kabupaten sampai ke level desa dalam kondisi ready dengan memiliki tidak kurang 5.900 anggota Ansor.

“Semua anggota Ansor di Ngawi ini meskipun jumlahnya ribuan untuk menjadi anggota didalamnya tetap melalui mekanisme yang digariskan. Yakni mereka semuanya melalui pendidikan, pelatihan dasar atau Diklatsar selama tiga hari yang dilakukan di masing-masing PAC,” pungkas Mahsun Fuad. (pr)

 

Up Next

Related Posts

Discussion about this post