Ika W.S “Iiq Gendhis”: Potret Kecantikan “Garis Keras” Surabaya

The Superior Woman Entrepreneur

Comment

SIAGAINDONESIA.COM Sebuah frame kecantikan “kerasnya” Surabaya. Kegigihan wanita ini sungguh luar biasa. Tak kenal lelah merintis semua impiannya, hingga berhasil menunjukkan berbagai prestasi dan kesuksesan.

Ika Wahyuning Sejati, perempuan single fighter, seorang entrepreneur, seniwati, juga petualang ulung di alam bebas yang kini melanjutkan cita di jenjang S2 Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya.

Aktif di berbagai kegiatan kampus, bukan berarti pendidikan utama jadi merosot. Sejak sekolah, dia banyak menorehkan prestasi dan menerima beasiswa. Mulai dari beasiswa aktivis kampus selama dua tahun berturut-turut, hingga bea siswa Supersemar selama satu tahun bebas uang kuliah.

“Alhamdulillah saya membiayai kuliah dari berbagai beasiswa,”terang ibu seorang putri ini.

Giat nan aktif di berbagai kegiatan kampus, wajahnya sudah tidak asing di jajaran Lembaga Dewan Legislatif Mahasiswa seputaran tahun 2002-2003 dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Selama kuliah, wanita berhijab ini turut membesarkan Teater Joss mulai pementasan dari kampus ke kampus, dari kota ke kota hingga sempat menjadi sutradara di Festival Seni Surabaya yang ke-2 pada 2003 silam.

Meskipun meretas pendidikan di Fikom Jurusan Jurnalistik Unitomo, wanita yang akrab disapa Iiq Gendhis itu justru melabuhkan hatinya pada dunia bisnis.

“Meski kuliahnya di jurusan jurnalistik, tapi bekerjanya bukan di dunia media. Saya lebih memilih sebagai entrepreneur,”ujarnya seraya tersenyum.

Berbekal pengalaman bekerja pada perusahaan refill toner, Iiq mampu membuka usaha sendiri di bidang pengadaan Alat Tulis Kantor (ATK), refill toner & It miliknya, CV. Dhiespaper Stationery Office Equipment, mulai 2008 hingga saat ini.

“Saya sudah terbiasa bekerja tanpa terikat dengan jam kerja, bebas dan tanpa diikat dengan target yang ketat. terlebih saya juga susah bangun pagi,”jawabnya ketika ditanya perihal korelasi antara pendidikan yang ia tempuh dengan dunia yang ia tekuni sekarang.

Tak puas bergelut di pengadaan ATK, jiwa bisnisnya tertantang untuk merambah ranah out doors activity.

“Saya coba merambah ke bisnis outdoors activity, diawali dengan masuknya saya di Songa Adventure sebagai marketing freelance,”ulas wanita berasi Cancer tersebut.

Tak sia-sia, saat ini Iiq telah memiliki sebuah travel agent “Point Surabaya Organizer” dengan ratusan klien.

Mengais rejeki disektor pariwisata tentulah ia dituntut untuk “tahan banting”. Dalam hal mampu mengkondisikan diri sendiri dengan alam semesta dan para wisatawan yang sedang dikawal.

Tidak boleh egois, bersungguh-sungguh dan harus berdedikasi. Sebagai salah satu cara Iiq Gendhis lakukan dalam menekuni semua profesinya. Dan, caranya menghargai sebuah pekerjaan baik sebagai pegawai, terlebih team work sangat dibutuhkan bagi para entrepreneur.

“Alhamdulillah sekarang saya bisa membuka travel agent “Point Surabaya Organizer” yang mengarah ke activitas outdoor yaitu arung jeram, outbound, dan snorkling, mengawal wisata ke berbagai obyek wisata yang ada di Jawa Timur khususnya,”tambahnya.

Di sela kesibukan, ia mempunyai hobi menggambar dalam pola Zentangle. Lagi-lagi, hobi tersebut malah mendatangkan lahan bisnis baru baginya. Dari pola unik tadi, dia mendapat banyak pesanan kaos bergambar koleksi Zentangle Iiq the series, serta pembuatan logo produk dari rekan-rekannya.

“Hobi yang ditekuni menghasilkan pendapatan dengan mengaplikasikan karya saya di atas kain kaos dan jual di berbagai kalangan,”kata Iiq.

Wanita superior ini enggan jika disebut multi talent. Kesederhanaan serta sikap low profile ia terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pasang surut usaha sudah pernah dilewati, namun Iiq tidak pernah pantang menyerah.

“Bekerja harus profesional, artinya apapun bidang yang dikerjakan harus dicurahkan seluruh kemampuan yang kita miliki dengan kata lain berdedikasi,”itulah salah satu bentuk profesionalnya dalam bekerja.

Sebagai single parent, sebaik mungkin ia berjuang untuk menghidupi seorang putri cantik bernama Gendhis Sinathrya. Berusaha melakukan yang terbaik meski banyak sekali mengalami hambatan maupun rintangan di dunia entrepreneur.

Naik turunnya pendapatan dan liku-liku perjalanan, membuatnya semakin kuat dan semakin siap menghadapi cobaan dalam hidup.

“Hidup sederhana dan berguna serta melakukan yang terbaik apapun pekerjaan itu. Ikhlas dan Lillahi ta’ala,”tuturnya penuh syukur mengingat perjuangan penuh doa dan air mata.

Di lingkungan sahabatnya, ia juga terkenal supel, ramah, dan memiliki jiwa sosial tinggi. Tak jarang jika ada insiden, Iiq selalu jadi jujugan pertama untuk mengkomando proses koordinasi karena jiwa kepemimpinan yang melekat serta mengayomi. JL

Up Next

Related Posts

Discussion about this post