46 Siswa Sekolah Penerbang TNI Raih Wing Penerbang

Comment

SIAGAINDONESIA.COM Menyongsong ufuk terbitnya matahari di sebelah timur, Minggu pagi 13 Agustus 2017 sebanyak 46 siswa Sekolah Penerbang Terpadu TNI, Angkatan ke-91, mendapat penyematan Wing Penerbang dari Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir. Novyan Samyoga, MM. bertempat di Apron Base Ops Lanud Adisutjipto. Hal ini menandai berakhirnya masa pendidikan yang akan dilantik oleh Kasau pada tanggal 19 Agustus 2017 mendatang.

Komandan Lanud Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Ir. Novyan Samyoga, MM dalam sambutannya mengatakan tujuan tradisi Penyematan Wing ini adalah untuk menghantarkan para calon penerbang muda kedepan pintu gerbang dalam pengabdian yang sesungguhnya.

“Selain itu untuk mempersiapkan diri agar lebih matang dan dewasa dalam menghadapi tugas dan tantangan kedepan, sebagai insan Dirgantara,” ujarnya.

Menurutnya Wing Penerbang merupakan bukti secara akademis telah memenuhi pesyaratan menjadi seorang penerbang dan sekaligus mengingatkan bahwa almamater ini merupakan tempat dimana para penerbang dilahirkan. Danlanud berharap bahwa para siswa sekbang benar-benar mampu menjadi penerbang yang ulet, handal dan dapat dibanggakan. Selanjutnya selaku senior, saya berpesan agar kalian tetap giat dan selalu bersemangat untuk belajar. Jangan pernah berhenti mengisi diri dengan menambah wawasan dan pengetahuan

Sementara Kastandevaldik Wingdikterbang Mayor Pnb Surono usai penyematan Wing penerbang, menyampaikan bahwa Sekbang ke- 91 ini merupakan sekbang Terpadu TNI yaitu dari tiga angkatan, alumni Akademi Angkatan Udara (AAU), Akmil, dan AAL. Dari 46 penerbang tersebut, delapan orang masuk jurusan Helly, 14 orang jurusan Angkut, dan 13 Orang jurusan Tempur, yang akan disebar di skadron udara di seluruh Indonesia. Sementara delapan orang dari Akmil akan dikembalkan ke puspenerbad, dan tiga orang dari AAL dikembalikan ke Puspenerbal.

Penyerahan Wing Penerbang ini dikemas dalam suatu acara Tradisi Militer yang diawali dengan pendadakan di Mess Wirambara menjelang tengah malam. Setelah itu pasukan dibawa ke Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto untuk melaksanakan ziarah dan penghormatan. Selesai ziarah digerakkan menuju nol kilometer jalan Malioboro dilanjutkan lari malam membawa obor menuju Tugu Jogja. Saat di Nol Kilometer Jogja Danlanud berkesempatan membacakan pesan lewat puisi yang diperuntukkan kepada para calon penerbang muda.

Acara penyematan Wing Penerbang ini dihadiri oleh Komandan Wingdikterbang Kol Pnb Bonang Bayu Aji.G, Para Kadis, para Komandan Satuan dan Seluruh Instruktur penerbang dan para pejabat di lingkungan Lanud Adisutjipto (dar)

Up Next

Related Posts

Discussion about this post