Wagub Jatim Dukung Barista Indonesia Majukan Petani Kopi

Comment

SIAGAINDONESIA.COM – Jimmy Halim, Barista atau peracik kopi asal Jakarta ini namanya mendunia setelah berhasil menyabet Runner Up Indonesia Barista Championship 2017. Serta dua kali juara Lomba Meracik Kopi di “Australian Coffee in Good Spirit”.

Kali ini, dia datang ke Surabaya memberikan kiat suksesnya meracik kopi kepada masyarakat yang ingin memulai berbisnis kafe atau kopi dan menjadi Barista seperti dirinya. Dia juga berkomitmen menggandeng petani kopi di Jawa untuk menjadi lebih baik dalam peningkatan hasil panennya.

“Karena antara Barista dan petani ada keterkaitan, saya atau Barista umumnya sangat bergantung dengan produksi panen kopi yang baik dari para petani untuk menunjang produksi kopi,” ujar Jimmy di acara penutupan kompetisi “East Java Coffee Show 2017” di Pakuwon Mall City, Surabaya, Kamis (21/9/2017).

Mendengar itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang hadir di acara tersebut mengaku sangat gembira dan mendukung langkah Jimmy untuk menggandeng petani kopi dan memajukan hasil panen kopi petani di Jawa.

“Ini sangat menggembirakan, peracik kopi asal Indonesia berhasil memasarkan kopi lokal sampai ke Australia, dan kali ini memberikan pengalamannya untuk Barista lainnya, agar bisa berhasil seperti dirinya,” timpal Gus Ipul sapaan Saifullah Yusuf.

Di tambahkan, kopi Indonesia atau khususnya dari Jawa tidak kalah dengan negara-negara lain. Kopi lokal Indonesia di urutan ke tiga, setelah yang pertama Colombia dan Brazil.

“Data dari Dinas Industri dan Perdagangan tahun 2016, ekspor kopi Indonesia mencapai 200 juta US dollar, atau setara 27 triliun. Kita bersyukur kopi lokal makin
digemari oleh masyarakat internasional, di samping dalam negeri sendiri,” tambahnya.

Pihaknya juga meminta kualitas SDM terus ditingkatkan utamanya hadirnya para peracik kopi untuk bisa bersaing dengan internasional.

Sementara, di ajang pameran yang digelar mulai 21 hingga 24 September 2017 itu, diikuti oleh 40 tenant pemilik coffee shop serta para supplier kopi dan petani kopi dari Jatim, harapannya akan terus bermunculan pelaku bisnis kopi serta para peracik kopi handal yang bisa menyajikan sesuatu yang baru dan berbeda bagi masyarakat.

Di ajang itu, mereka bisa saling bertukar pengalaman teknik meracik kopi sekaligus mengikuti kompetisi “East Java Coffee Show 2017”.

Peserta dibagi menjadi tiga kategori Barista Championship, Brewers Championship dan Latte Art Championship, untuk penilaian dilakukan menggunakan standar World Barista Championship.

Ketua Panitia East Java Coffee Show 2017, Samuel Lie mengatakan tak banyak kompetisi barista di Surabaya khususnya yang menggunakan standar penilaian WBC.

“Sangat jarang, bahkan jarang sekali barista dari Surabaya yang mengikuti ajang kompetisi nasional. Melalui even ini kami ingin menunjukkan bahwa di Surabaya juga banyak Barista-barista atau peracik kopi handal,” katanya.

Kemudian, Ketua Apkrindo Jatim, Tjahjono Haryono, East Java Coffee Show, membantu kehadiran kedai kopi atau coffee shop terus tumbuh, itu menjadi dinamika sosial, dan gaya hidup kaum urban juga turut meramaikan tempat ngopi.

“Ajang ini bertujuan untuk mengenalkan kopi ke masyarakat umum, apalagi Indonesia sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia namun konsumsi per kapitanya masih rendah dibanding negara-negara di Eropa dan Amerika,” katanya.

General Manager Pakuwon Mall Hendie Santoso menambahkan acara yang di gelar di Grand Atrium Pakuwon Mall itu adalah bagian dari Pakuwon Mall yang ingin menyajikan sesuatu yang baru dan berbeda bagi masyarakat Surabaya khususnya.

Di ajang East Java Coffee Show itu sebelumnya juga digelar talk show yang diisi Mikael Jasin, seorang barista asal Jakarta yang sukses di Australia. Serta Barista sukses, Jimmy Halim.

Pengunjung juga bisa menikmati kopi gratis. Diantaranya coffee shop dengan olahannya kopi geisha yakni varian kopi terbaik di dunia yang tren saat ini, wangi bunga seperti jasmine, bila mengisapnya akan merasakan rasa blueberry atau jeruk Mandarin. Sedangkan rasa yang tertinggal seperti jeruk bergamot, dengan tingkat keasaman milik kopi Geisha.Tji

Up Next

Related Posts

Discussion about this post