Karang Taruna Jatim Dukung Gus Ipul ?

Comment

SIAGAINDONESIA.COM-Perhelatan Pilgub Jatim masih akan berlangsung tahun 2018. Namun hawanya sudah mulai menghangat di Jatim. Semua pihak mulai berkomentar seputar Pilgub. Salah satunya Forum Karang Taruna Jatim. Yang hari ini Selasa (25/9/2017) dilantik. Yang melantik adalah Syaifullah Yusuf wakil Gubernur Jatim yang juga maju dalam Pilgub Jatim 2018.
Kontan saja ini menjadi rasan rasan seolah Karang Taruna Jatim memberi panggung untuk pria yang akrab disapa Gus Ipul.

Ketua Forum Karang Taruna Jawa Timur Agus Maimun buru buru membantah.
“Gak lah, gak identik begitu. Gus Ipul datang mewakili Pakde Karwo yang urung hadir, ” bantahnya.

Lantas siapa yang akan didukung,, sebab Khofifah juga menyampaikan ucapan selamat lewat baliho ukuran 3 x 2 meter. Sedianya
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan ikut membuka acara itu, namun batal hadir karena ada agenda rapat dengan Presiden Joko Widodo.

Agus Maimun menegaskan, Karang Taruna Jatim mendukung calon gubernur (Cagub) yang bisa mengurangi kesenjangan dan angka kemiskinan di Jatim. Karena itu, kandidat Cagub harus punya program yang jelas untuk mengurangi pengangguran dan memberdayakan pemuda di Jatim.

“Sosoknya siapa saya tidak tahu, yang pasti Karang Taruna berkomitmen dua hal dalam mendukung Cagub, yang pertama harus bisa mendorong kemandirian ekonomi pemuda. Itu pintu masuk menekan kesenjangan, pengangguran terbuka dan kemiskinan,” kata ketua Karang Taruna Jatim Agus Maimun usai pelantikan pengurus DPD Forum Karang Taruna Jatim di gedung taman budaya Cak Durasim.

Agus mengatakan, kader karang taruna menunggu visi misi yang akan dipaparkan oleh masing-masing Cagub, sebelum nanti menyampaikan pandangan politiknya. Siapapun kandidat yang akan didukung diharapkan bisa memberikan manfaat dan timbal balik, bagi lembaga dan pemuda di Jatim.

“Saya kira pada saatnya nanti akan bersikap, memang kita tidak bisa mengusung apalagi memberangkatkan visi misi calon yang bisa membawa, tapi kami akan mendukung Cagub yang bisa  mewadahi aspirasi pemuda,” jelasnya lagi.

Agus mengklaim, total pengurus organisasi karang taruna di Jatim mencapai 180 ribu orang. Jumlah itu tersebar dari pengurus wilayah, kecamatan sampai ke desa.

“Aktif sampai pengurus kecamatan jumlahnya mencapai 180 ribu,” tandasnya.

Kendati demikian, Agus mengaku tidak akan membawa organisasi karang taruna untuk mendukung kandidat secara terbuka. Secara organisasi, lembaganya akan bersikap netral. Hanya saja, kader dan pengurus akan dibebaskan dalam memilih Cagub yang sesuai dengan hati nurani mereka. Pengurus hanya akan menyampaikan pandangan dan penilaian  terkait visi dan misi Cagub Jatim.

“Saya kira kami akan netral dalam bersikap secara organisasi. Tapi kami akan memberikan ruang untuk memilih calon yang dekat dengan visi dan misi organisasi,” pungkasnya.

Up Next

Related Posts

Discussion about this post