Beranda aneka Petani di Menganti Gresik Kesulitan Mendapat Pupuk Bersubsidi

Petani di Menganti Gresik Kesulitan Mendapat Pupuk Bersubsidi

70
0
SIAGAINDONESIA.COM Ketersediaan pupuk bersubsidi yang sangat terbatas, sejak sepekan terakhir ini membuat sejumlah petani di Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, mengeluh. Sebab, mereka kebingungan mencari pupuk bersubsidi baik di agen maupun pengecer banyak yang habis. Padahal bulan ini, petani mulai memasuki musim tanam ketiga.
Para petani kawatir jika persoalan ini tak teratasi, maka mereka terancam tidak bisa menanam. “Kami minta ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik terkait masalah ini. Dan kami juga telah melaporkan permasalahan ini ke wakil rakyat yang ada di DPRD,” kata, Ketua Kelompok Tani (Poktan) Desa Gadingwatu, Kecamatan Menganti, Asikin.
“Habisnya stok pupuk bersubsidi ini, kalau menurut kami lantaran adanya pemotongan jatah rencana definitive kebutuhan kelompok (RDKK). Karena, pemotongan jatah itu tidak melihat kondisi lahan pertanian yang ada disejumlah wilayah Gresik saat ini,” ujarnya, kepada Siagaindonesia.com Senin (6/11/2017).
Lebih lanjut Asikin menuturkan bahwa adanya pemotongan jatah yang disama ratakan, membuat ada petani yang memiliki lahan tidak kebagian. Sedangkan yang lahannya sudah berubah fungsi menjadi bangunan malah masih dapat jatah.
“Lahan pertanian di Kecamatan Menganti ini, antara wilayah timur dan wilayah barat sudah jauh berbeda dengan dahulu. Sebab, wilayah timur kebanyakan sudah beralih fungsi menjadi bangunan bukan lagi lahan pertanian,” paparnya.
Sementara, kelompok tani (Poktan) Desa Pranti, Kecamatan Menganti, Senamin mengungkapkan bahwa saat ini dari luas lahan 111 hektar yang ada di desanya. Hanya mendapatkan jatah pupuk bersubsidi sebanyak 48 ton.
“Kalau luasan sawah kelompok kami itu seratus hektar, terus hanya mendapatkan segitu ya ini jelas sangat kurang,” keluhnya.
“Kami berharap ada kebijakan yang tepat, sehingga kami bisa memperoleh tambahan pupuk untuk memenuhi kebutuhan musim tanam saat ini,” tutupnya. Zer