PG Sinyalir Ada Data Tak Riil di RDKK Pupuk Bersubsidu

Comment
SIAGAINDONESIA.COM Akurasi data kebutuhan yang tidak sesuai dengan kebutuhan riil petani dan rencana devinitif kebutuhan kelompok (RDKK) dari masing-masing wilayah Kabupaten/Daerah. Menimbulkan banyak persoalan pada pendistribusian pupuk bersubsidi.
“Ada beberapa hal yang menyebabkan pendistribusian pupuk bersubsidi ini terjadi. Diantaranya, alokasi pupuk bersubsidi cukup besar melebihi kebutuhan petani dan umumnya melebihi dari kebutuhan yang diajukan instansi terkait didaerah,” kata, Manager Humas PT Petrokimia Gresik Muhammad Ihwan.
Persoalan lainnya, banyak dari para petani dalam pengunaan dosis pupuk belum sesuai dengan ketentuan pengunaan yang telah ditentukan. Akibatnya hasil yang diharapkan tidak tercapai dan lahan bisa menjadi rusak,” ujarnya kepada Siagaindonesia.com, Minggu (12/11/2017).
Selain itu, beberapa kasus penyimpangan distribusi pupuk terjadi. Karena, adanya kios tidak resmi yang menjual pupuk bersubsidi. Serta adanya pihak-pihak yang menyalurkan atau membawa pupuk bersubsidi keluar daerah,” tuturnya
Di tambahkannya, persoalan-persoalan itu, nantinya akan kami jadikan bahan evaluasi agar praktek kecurangan bisa dihentikan dengan memperketat pengawasan.
“Untuk itu, kami akan lebih intensif dan efektifkan pola pengawasan pada RDKK nya serta proses pendistribusiannya agar penyimpangan bisa dicegah. Tentunya dengan bekerjasama semua pihak terkait dan masyarakat untuk bantu melapor jika menemukan penyimpangan pupuk bersubsidi,” pungkasnya. Zer

Up Next

Related Posts

Discussion about this post