Danjen Kopassus Resmi Buka Lomba Ton Tangkas Dan Lomba Binsat Kopassus

Comment

SIAGAINDONESIA.COM  Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayjen TNI Madsuni membuka Lomba Ton Tangkas sekaligus Lomba Binsat Kopassus TA.2017 di Lapangan Hitam Pusdiklatpassus Batujajar, Kabupaten Bandung, Sabtu (11/11/17).

Dalam sambutannya Danjen menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh peserta atas kehadirannya mengikuti lomba serta berharap para prajurit Kopassus mencapai kemampuan standar yang telah ditetapkan oleh TNI AD, bahkan melebih rata-rata kemampuan prajurit TNI AD sehingga profesionalisme prajurit Kopassus semakin nyata dapat terwujud.

“Lomba Ton Tangkas dan Lomba Binsat Kopassus TA.2017 ini sebagai tolok ukur untuk mengetahui sejauh mana kualitas Pembinaan Satuan yang telah dilakukan oleh satuan Batalyon jajaran Kopassus. Selain sebagai wahana untuk mengevaluasi pelaksanaan Pembinaan Satuan juga sebagai upaya untuk menyeleksi dan menjaring prajurit-prajurit terbaik Kopassus agar dapat disiapkan dengan lebih optimal dalam menghadapi event yang lebih besar dan bergengsi di waktu yang akan datang,”kata lulusan Abituren Akademi Militer Angkatan 88 ini.

Danjen Kopassus berpesan agar para peserta mengikuti dan mematuhi semua prosedur dan petunjuk yang diberikan oleh Panitia, serta nenjaga dan memperhatikan faktor keamanan baik personel maupun materiil sehingga seluruh rangkaian lomba dapat berjalan dengan sukses, aman dan lancar.

“Khusus kepada para panitia dan pendukung, berharap dapat mengorganisir kegiatan ini dengan baik sehingga seluruh jadwal lomba dapat mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Kepada Ketua Tim Penilai beserta anggota di lapangan, laksanakan tugas mulia ini dengan jujur dan sportif sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan dan tidak merugikan peserta lainnya,”tegas Danjen Kopassus.

Waduk Saguling Bandung Barat menjadi tempat pelaksanaan Renang Militer Dasar 1. 000 meter yang mengawali kegiatan lomba ton tangkas Kopassus di hari pertama yang berlangsung selama seminggu ini.

Renang militer dasar merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap prajurit Kopassus. Renang militer dasar ini juga telah dijadikan sebagai materi dalam pendidikan Komando bagi setiap prajurit yang akan memasuki Kopassus pada tahap basis, yang selanjutnya diaplikasikan dalam tahap rawa laut dengan jarak tempuh sepanjang 2 km.

Lomba ini diikuti oleh 12 Batalyon satuan jajaran Kopassus memperlombakan materi  d iantaranya Renang Militer Dasar 1.000 meter, Menembak Senjata Otomatis (Match 1, 2 dan 3) serta Menembak Senjata Otomatis (Match 1 dan 2), Kesegaran Jasmani A dengan jarak 3.200 meter, Lintas Medan Komando dan Halang Rintang Komando. Selain itu juga ada materi tambahan yaitu materi teknik militer Uji Tampil Perorangan (UTP) Aplikasi, baik berupa teori maupun praktek Navigasi Darat.

Keluar sebagai pemenang pertama renang militer sepanjang 1.000 meter dengan waktu tercepat diraih oleh Lettu Inf Franky dari Batalyon 812 Sat 81 Kopassus dengan waktu 21 menit dan 44 detik, di urutan ke dua Serka Sanjay dari Batalyon 13 Grup 1 Kopassus dengan waktu 22 menit dan 1 detik dan di urutan ke tiga diraih oleh Serda Tri Wahyu dari Batalyon 13 Grup 1 Kopassus dengan catatan waktu 22 menit dan 11 detik.

Sementara itu Tim yang berhasil sebagai pemenang renang militer dasar 1.000 meter yang diikuti oleh 16 peserta dalam satu tim, yaitu Juara 1 Batalyon 812 dengan total catatan waktu 6 jam 33 menit 42 detik, Juara 2 Batalyon 811 dengan total catatan waktu 6 jam 46 menit dan 31 detik dan Juara 3 yaitu Batalyon 13 dengan total catatan waktu 6 jam 52 menit dan 27 detik.

Hadir dalam pembukaan lomba ton tangkas diantaranya Wadanjen Kopassus Brigjen TNI Richard Tampubolon, pamen Ahli Danjen Kopassus Bidang Diklat, para Asisten Danjen Kopassus, para Dansat Kopassus,dan para Kabalak [email protected]

Up Next

Related Posts

Discussion about this post