Panwaslu Bersama Kepolisian Dan Kejaksaan Probolinggo Bentuk Sentra Gakkumdu

Comment

Probolinggo – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Probolinggo membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dalam Pilkada 2018.

Ketua Panwaslu Kabupaten Probolinggo, Zaini Gunawan mengatakan, kalau Sentra Gakkumdu yang nantinya akan melaksanakan tugas selama pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018.

Bahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepolisian dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Probolinggo untuk menyiapkan anggota atau personil yang nantinya bisa bergabung di Sentra Gakkumdu.

“Saya sudah koordinasi dan komunikasi dengan Kapolres Probolinggo Kabupaten dan Polres Probolinggo Kota, dan beliau sampaikan akan menyiapkan anak buahnya untuk bisa bergabung di Sentra Gakkumdu. Begitu juga dengan Kejari,”kata Panwaslu Kabupaten Probolinggo Zaini, Jum’at (12/1/2018).

Menurutnya, Sentra Gakkumdu tersebut kantornya berada di Kantor Panwaslu Kabupaten Probolinggo di jalan Kelurahan Semampir Kota Kraksaan. “Kantornya ada di kantor Panwaslu,”jelasnya singkat.

Sentra Gakkumdu ini dibentuk berdasarkan Peraturan Bersama Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), dan Jaksa Agung Republik Indonesia, nomor 14 tahun 2016, nomor 01 tahun 2016, nomor 010/JA/11/2016 tentang Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

Perlu di ketahui, Sentra Gakkumdu adalah pusat aktivitas penegakan hukum Tindak Pidana Pemilihan yang terdiri dari unsur Bawaslu, Bawaslu Provinsi, dan/atau Panwas Kabupaten/Kota, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kepolisian Daerah dan/atau Kepolisian Resor, dan Kejaksaan Tinggi dan/atau Kejaksaan Negeri. (ful/nov)

Up Next

Related Posts

Discussion about this post