Beranda Release Ciphoc Unitomo Pamerkan Karya Foto Kreatif di Balai Pemuda Surabaya

Ciphoc Unitomo Pamerkan Karya Foto Kreatif di Balai Pemuda Surabaya

27
0

SIAGAINDONESIA.COM – Tidak kurang dari 50 buah karya foto hasil aktifitas keseharian Arek-arek fotografer yang tergabung dalam wadah Communication Photograpy Club (Ciphoc), Universitas Dr. Soetomo Surabaya, terjejer rapi menghiasi Galery Seni Dewan Kesenian Surabaya (DKS), di Balai Pemuda Surabaya.

Karya pewarta foto dari berbagai genre itu merepresentasikan aktifitas keseharian para fotografer yang setiap hari tak lepas dari kamera dan buruan obyek menarik untuk diabadikan. Terjejer rapi dan elegan, wujud isyarat menyapa semua pengunjung yang hadir, menyaksikan.

Ketua pelaksana pameran Ahmad Mukti mengatakan, pameran sengaja menampilkan foto sesuai bidang pekerjaan masing-masing dari peserta.

“Seperti Robert yang sehari-hari memotret untuk Koran Surabaya Pagi menampilkan foto jurnalistik, Ahmad Mujiburrohman dengan foto model, Ridho Fikri dengan karya scretcing, Okky menyajikan karya Kamera Lubang Jarum (KLJ) dan puluhan genre lainnya,” ujarnya saat berbincang dengan Siagaindonesia.com, Rabu (14/3/2018).

Foto sekuel ekspresi Umar Patek memakai peci dengan emblem lambang Garuda karya Rudi Mulya menjadi salah satu daya tarik yang memikat pengunjung. Tak ketinggalan foto satir aksi mahasiswa dengan poster besar KTP Setyo Novanto, di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Alfian misalnya, pelajar SMP yang berkunjung menyaksikan pameran foto bersama sejumlah rekannya mengaku kagum melihat aneka ragam foto terpajang.

“Wow, bagus sekali, yang itu juga bagus. Saya jadi kepingin belajar foto, sayang saya nggak punya kamera,” bisik dia, sambil tangannya menunjuk ke salah satu bingkai model.

Mendengar itu, tak jauh dari tempatnya berdiri seseorang berbisik.

“Kalau nggak punya kamera DSLR bisa pakai HP kok mbak. Itu fotonya Mas Pandega dan Mas Uki juga pakai HP. Kalau mau belajar disini juga bisa aja,” ujar Fayyet salah seorang panitia acara, yang saat itu tengah stanby.

Pameran foto dengan tema “Olah Rasa Lewat Lensa (Oala), ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Ulang Tahun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Communication Photograpy Club (Ciphoc), Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

Sejumlah kegiatan di helat di antaranya penampilan musikalisasi puisi oleh komunitas Pinggir Jembatan, Senin (12/3/2018) malam.

Pada puncak HUT tanggal 14 Maret 2018, siang hari bakal diramaikan dengan Workshop Fotografi Melawan Hoax, menghadirkan pembicara Fotografer Senior Mamuk Ismuntoro. Dilanjutkan pemotongam tumpeng dan sejumlah hiburan dari komunitas Atas Nama Bangsa, Teras Warna dan Tari Remo.

Acara akan semakin hangat dengan tampilan musisi Rock n Roll kawakan, Seket Band dan Suar Marabahaya yang ditutup oleh Mata Rantai.

“Kami berharap diusia 25 tahun ini Ciphoc makin dekat dengan masyarakat, tidak hanya menjadi penggiat foto saja. Makanya kami bekerjasama dengan beberapa komunitas di luar fotografi,” terang Ahmad Mukti.Pan/Ali/Tji