Beranda oase Puluhan Karya Seniman STKW Pukau Pengunjung Galeri Prabangkara

Puluhan Karya Seniman STKW Pukau Pengunjung Galeri Prabangkara

523
0
Salah satu karya patung yang menghiasi seluruh sudut Galeri Prabangkara, Taman Budaya Jawa Timur.

SIAGAINDONESIA.COM Tampilan lukisan dan patung menghiasi seluruh sudut Galeri Prabangkara, Taman Budaya Jawa Timur. Pengunjung tak henti mengagumi karya seniman Kota Pahlawan ini. Ada yang berdecak kagum juga ada yang mengabadikan dalam sebuah foto.

Memang, guna meningkatkan kreatifitas dan produktifitas daya saing seniman, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim melalui UPT. Taman Budaya Jawa Timur (TBJT) menggelar pameran seni rupa bertema “Mind Showcase” di Galeri Prabangkara, Gentengkali, Surabaya, mulai 19 – 23 Maret mendatang.

Peserta pameran merupakan 25 orang dosen dan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya. Mereka bakal memamerkan 45 karya pilihan yang terdiri dari karya grafis, keramik, lukisan, patung, instalasi dan drawing.

Antara lain karya Asmiati Sihite, Dessy Rachma, Diah Kurnia Itsnani, Khotibul Umam, Kusdian Purnomo, Loyong Budi Harjo, Makhrus Priyo Darmawan, Totok Priyo Leksono, Nuzurlis Koto, Sigit Tamtomo, serta Agus Sukamto. Sebagai kurator yakni Bramantijo, Hari Prajitno, dan Mufi Mubarok.

Selain itu, ajang ini merupakan bukti kesiapan STKW yang Juli nanti bakal didapuk sebagai tuan rumah Festival Kesenian antar Perguruan Tinggi se- Indonesia.

“Kita anggap ini sebagai gladi kotor, semoga sukses penyelenggaraan maupun kualitasnya,” ujar Dr.H.Jarianto, M.Si, selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, Senin (19/3/2018).

Jarianto menambahkan, regenerasi seniman muda produktif telah mampu memberi penyegaran pada karya seni yang terus berkembang. Sehingga pameran tersebut diharapkan mampu meningkatkan jaringan berkesenian antar pelaku seni maupun kolektor, serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap karya seni rupa.

“Selain itu sebagai upaya memacu tumbuhnya infrastruktur dan suprastruktur seni rupa,” pungkasnya.Pak_Dik