Sofyan Basir dan Pejabat PLN Diperiksa KPK?

Terkait Dugaan Megakorupsi Kapal Turki

Comment

SIAGAINDONESIA.COM Direktur Utama PLN Sofyan Basir datang di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (22/3/2018). Orang nomer satu di PLN yang belakangan ramai diberitakan media terkait PT PLN (persero) menyewa 5 kapal pembangkit listrik asal Turki untuk proyek PLTD selama lima tahun yang diduga terjadi korupsi mark up hingga merugikan Negara lebih Rp 100 Triliun ini, terkesan bungkam kepada wartawan.

Dia muncul di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didampingi beberapa stafnya di PLN. Tidak seperti biasanya, Sofyan tidak bicara kepada wartawan. Padahal, dia saat muncul di KPK akhir tahun 2017,  bersemangat bicara kepada wartawan kalau kehadirannya untuk pencegahan korupsi di instansi yang dipimpinnya.

Belum ada penjelasan secara resmi dari KPK tentang Sofyan Basir muncul di KPK.

Namun dari informasi yang diperoleh awak media, menyebut Sofyan Basyir datang ke KPK masih ada kaitan dengan beberapa pejabat PLN yang diperiksa penyidik KPK soal adanya dugaan korupsi proyek sewa kapal Turki.

Bahkan, disebut-sebut nilai korupsi jauh lebih besar dari yang selama ini diberitakan media. Pasalnya, ada temuan baru bahwa keuangan Negara juga digunakan membayar biaya BBM untuk masing-masing kapal Marine Vessel Power Plant (MVPP) per tahun nilainya sekitar 20 persen lebih besar dari kapasitas kapal. Sehingga, khusus hanya untuk pembayaran biaya BBM ini saja uang negara menguap puluhan triliun.

Sementara itu, direksi PLN dikabarkan juga baru tiba dari negara Turki untuk mendatangi perusahaan Turki Karadeniz Powership Gokhan Bey pada Kamis pagi (22/3/2018). Direksi PLN ini terbang Turki bersama anggota Komisi VII DPR RI yang dipimpin Herman Khaeron.

Tidak diketahui pasti mengapa anggota Komisi VII yang membidangi Energi Sumber Daya Mineral ini, datang ke Turki bersama-sama direksi PLN. Apalagi wakil rakyat itu menggunakan pesawat Turki Air yang biayanya disebut-sebut juga ditanggung Direksi PLN.nv

 

Up Next

Related Posts

Discussion about this post