Wakil Ketua DPR RI Ziarah Budaya Ke Maestro Seni

Comment

SIAGAINDONESIA.COM- Wakil Ketua DPR RI fadli Zon apresiasi para seniman budaya di Surakarta, hal itu di tegaskan dalam kunjungan ziarah budaya ke beberapa tokoh seni sekaligus maestro budaya, Minggu 15 April 2018.

Para maestro yang di kunjungi Fadli Zon diantaranya, penyanyi keroncong Waljinah di kampung Mangkuyudan, Solo. Mpu Totok Brojodiningrat pemilik Padepokan Brojodiningrat di Desa Mojolaban, Bekonang. Rahayu Supanggah maestro gamelan asal Dusun Ngringo, Jaten , Karanganyar. Maestro Topeng sekaligus maestro lukis kaca asal Polokarto, Sukoharjo, Narimo.

Kunjunganya ke beberapa maestro seni sebagai bentuk silaturahmi membangun kebersamaan dalam rangka melestarikan seni budaya Nusantara.

Dalam kunjunganya ke rumah Waljinah, Wakil Ketua DPR RI melihat lihat koleksi piringan hitam dan cd rekaman milik Waljinah sejak mulai tahun 1958 sampai dengan sekarang.

Di tempat yang berbeda di Padepokan Brojodiningrat, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon juga mengunjungi besalen milik Mpu Totok Brojodiningrat, tempat untuk membuat keris.

Beberapa koleksi padepokan seperti keris sepuh, bambu pethuk, patil lele, capit besi milik Mpu Supa di era kejayaan Majapahit di pertontonkan oleh Mpu Totok Brojodiningrat kepada Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

Di katakan Fadi Zon, budaya keris sudah di akui oleh dunia sebagai warisan budaya Nusantara. Keris memiliki nilai artistic yang tinggi. Sejak abad ke tujuh, delapan, sembilan dan seterusnya.

Keris sudah ada serta memiliki nilai histori karena di pakai para raja, sultan dan lainya.

Oleh karena itu pelestarianya sangat penting sekali di lakukan.

‘ Keris adalah maha karya perpaduan seni ukir, seni tempa, seni pahat, seni filosofi dan unsur seni lainya yang sangat dalam. Keris memiliki keindahan tidak hanya ada pada pamor, tetapi di seluruh titik bilah terdapat keindahan. ‘ Kata Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengagumi mahakarya budaya bangsa

Keris kata dia, merupakan aset budaya nasional sehingga wajib di jaga kelestariannya, tukasnya/ Jk

Up Next

Related Posts

Discussion about this post