Mahasiswa Uwika ‘Rampas Tas’ Pengunjung Car Free Day

Comment

SIAGAINDONESIA.COM Memaknai Hari Bumi yang jatuh tiap 22 April, mahasiswa Universitas Widya Kartika (Uwika) Surabaya bekerjasama dengan LSM Nol Sampah gelar ‘Rampas Tas’ di Car Free Day (CFD) Taman Bungkul Surabaya, Minggu (22/4/2018).

Berbeda dengan kegiatan KKN pada tahun sebelumnya, pada tahun ini Uwika bekerjasama dengan beberapa LSM salah satunya Nol Sampah Surabaya untuk ikut memberdayakan masyarakat Surabaya agar lebih peduli terhadap dampak pencemaran lingkungan oleh limbah plastik terhadap keberlangsungan hidup.

Rampas Tas ini ditujukan kepada para pengunjung CFD, dengan cara menukar tas/kantong plastik yang mereka pakai dan menggantinya dengan tas yang lebih ramah lingkungan yang telah disediakan.

hi

Kegiatan tersebut melibatkan mahasiswa untuk terjun langsung mengganti tas plastik pengunjung CFD dengan tas spoon yang mereka bagikan.

“Kegiatan ini merupakan upaya kampanye untuk merubah perilaku agar mengurangi penggunaan sampah plastik. Dengan cara mengganti tas plastik pengunjung dengan tas spoon yang bisa dipakai kembali,” terang Ary Dwi Jatmiko, sebagai Dosen Pembimbing Lapangan.

Plastik yang sudah diambil lantas ditampung oleh Komunitas Nol Sampah guna dimanfaatkan kembali sebagai barang layak fungsi seperti bahan poster untuk kampanye.

Setiap tahun, per orang di Indonesia membuang hampir 700 kantong plastik. Jika Surabaya memiliki penduduk sekitar 3 juta jiwa, bisa dibayangkan 2,1 milyar kantong plastik yang dibuang tiap tahunnya oleh warga Surabaya.

“Kurang dari 10 persen yang bisa didaur ulang,” jelas Wawan dari Komunitas Nol Sampah.Pak_Dik

Up Next

Related Posts

Discussion about this post