Kopasssus Gelar Turnament Sepak Bola Tribuana Cup I

Kepedulian Kopassus Terhadap Pembinaan Sepak Bola Di Usia Dini

Comment

SIAGAINDONESIA.COM Potensi sepak bola nasional di kelompok umur ini merupakan potensi luar biasa yang perlu dikembangkan, khususnya dalam mencari bibit-bibit pesepakbola di bawah usia 16 tahun. Untuk itu, Komando Pasukan Khusus (Kopassus)TNI AD menggelar sebuah Turnamen Sepakbola Tribuana Cup I dan pembukaan turnamen ini dilakukan langsung oleh Sekjen PSSI Ratu Tisha yang didampingi oleh Asisten Teritorial Danjen Kopassus Kolonel Inf. Vivin Alivianto juga selaku Ketua Panitia Turnamen di Lapangan Gatot Subroto, Makopassus, Jl RAFadillah, Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (12/5/18).

Pembukaan turnamen ini ditandai dengan penyerahan bola dari Sekjen PSSI Ratu Tisha kepada Aster Danjen Kopassus kemudian Aster Danjen Kopassus melakukan kick off pertama.

Sekjen PSSI mengatakan, PSSI sangat mengapresiasi kepedulian dan perhatian Kopassus terhadap perkembangan serta pembibitan sepakbola nasional khususnya anak-anak usia dini.

“Ajang sepakbola untuk anak-anak usia dini, khususnya U-9 dan U-10, harus diadakan setiap minggu sekali melalui kerjasama dengan berbagai pihak dan dibawah naungan PSSI melalui Asosiasi PSSI yang ada di masing-masing kabupaten kota. Yang harus diingat, kegiatan ini diadakan agar anak-anak memiliki wadah untuk mengenal dan mencintai dulu apa itu sepakbola. Selain itu, agar mereka memiliki wadah untuk mengasah kemampuannya dan terpantau oleh PSSI. Kita ada datanya di masing-masing asosiasi kota/kabupaten. Untuk itu, PSSI memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Saya sangat berterima kasih sekali Kopassus mau ambil bagian dalam hal ini,”ujarnya.

Sementara itu Aster Danjen Kopassus mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari kepedulian Kopassus terhadap pembinaan usia dini dunia olahraga Indonesia, khususnya sepakbola. Dimana Kopassus turut serta dalam hal penyiapan bibit-bibit pesepakbola handal dengan mendirikan SSB Tribuana FC, sekaligus ditandai dengan menggelar turnamen ini.

“Anak-anak di lingkungan Ksatrian Slamet Riyadi, Makopassu, Cijantung yang selama ini memiliki banyak bakat dan prestasi di dunia olahraga, bahkan beberapa di antaranya sudah sampai ditingkat internasional seperti Judo, Panahan, Airsoftgun dan Renang. Untuk itu, perlu dibuatkan wadah-wadah untuk anak-anak ini, agar mereka dapat mengembangkan dan mengasah bakatnya. Wadah tersebut berada di bawah naungan Staf Teritorial Kopassus.

“Kita buatkan wadah agar mereka terarah dan terdata, karena kita juga bekerja sama dengan PSSI, dalam hal ini Askot PSSI Jakarta Timur. Total ada 64 tim yang ambil dalam turnamen yang terbagi ke dalam empat kelompok usia ini yakni U-9, U-10, U-12 dan U-14. Kita bahkan sampai harus membatasi, karena besarnya minat SSB-SSB yang ada di Jabodetabek yang jumlahnya sangat banyak,” paparnya.

Pemenang masing-masing kelompok umur akan memperoleh hadiah berupa uang pembinaan, piala tetap, medali dan sertifikat juga ada piala bergilir serta penghargaan The Best Player.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain, Wadanjen Kopassus Brigjen TNI Richard Tampubolon, Komandan Grup-3/Sandi Yudha Kolonel Inf. Safta Feriyansah, Dansat-81/Gultor Kopassus Letkol Inf. Yudha Airlanggar, Assintel Danjen Kopassus Letkol Inf Achiruddin dan para asisten Danjen Kopassus, serta perwakilan dari SSB di seluruh wilayah [email protected]

Up Next

Related Posts

Discussion about this post