DPRD Gresik Finalisasi Pokir Dana Bansos dan UKM

Comment
SIAGAINDONESIA.COM Finalisasi Pokok-pokok Pikiran (Pokir) tahun 2018 yang diperuntukan bagi beberapa program, misalnya dana hibah, Bansos dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Dilakukan oleh 50 anggota DPRD Gresik Jawa Timur, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.
Menurut Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Saida, menyatakan dalam Finalisasi Pokir yang dilakukan bersama Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Gresik ini. Untuk menyatukan persepsi, agar ditemukan  kesepakatan program.
“Kami harapkan Finalisasi Pokir nantinya bisa dimasukan dalam E-Planning, terkait dengan perencanaan dan anggaran yang akan didapat pada masing-masing bidang. Dan setiap proposal yang diajukan, maka harus disesuaikan dengan peruntukannya,” ujarnya, Jumat (18/5/2018).
“Di tahun 2017 lalu, banyak dari Pokir yang difasilitasi DPRD cair. Tetapi, tidak berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Sehingga, ada beberapa program yang anggarannya belum bisa cair,” tuturnya.
Di tambahkannya, bahwa dalam finaliasi Pokir kali ini. Pihaknya juga akan membahas, program tepat sasaran dengan besaran anggaran yang akan didapat. “Ini harus dilakukan, agar masyarakat penerima bisa memakai sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya,” tukasnya.
”Pencairan tahun ini harus sesuai program yang diajukan, agar masyarakat tidak merasa dibohongi seperti yang terjadi pada tahun 2017 lalu. Makanya, kami minta kepada Bapeda agar menyesuaikan program berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup),” harapnya.
“Pokoknya kami ingin sesuaikan lagi, sebab kalau pencairan tidak sesuai dengan program yang sudah diturunkan kemasyarakat. Kan kasihan masyarakat yang sudah ditetapkan sebagai penerima. Seperti, untuk bantuan UKM, dana hibah maupun dana Bansos,” urainya.
“Sesuai dengan kesepakatan pada finalisasi Pokir, untuk proposal bantuan keuangan terakhir tanggal 31 Mei 2018 mendatang. Sedangkan, untuk kekurangan Pokir yang sudah ditetapkan pada pagu, bisa ditambah pada tahun berikutnya. Dengan syarat sudah masuk dalam RKPD dan Perbub nominal anggaran telah  disempurnakan melalui draf dari Komisi terkait,” tandasnya. Zer

Up Next

Related Posts

Discussion about this post