‘Perguruan Tinggi Seni di Era Milenial’

Pameran Seni Rupa dan Fotografi ISI Yogyakarta di Borobudur

Comment

SIAGAINDONESIA.COM – Dalam rangka Dies Natalis ke-34 Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menggelar Pameran Seni Rupa dan Fotografi Tahun 2018 dengan tema “Perguruan Tinggi Seni di Era Milenial”. Pameran yang digelar di pendapa Hotel Pondok Tingal Borobudur ini dibuka Pembantu Rektor I, Prof. Dr. I Wayan Dana, SST., M.Hum, Senin, 21 Mei 2018 yang lalu. Pameran diselenggarakan selama enam hari sampai dengan tanggal 26 Mei 2018. Pembukaan pameran ini dimeriahkan dengan pagelaran tari dari Sanggar ‘Kinara Kinari’ Wanurejo, Borobudur.

“Melalui  pameran seni rupa dan seni foto ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan kecintaan para siswa SD, SMP dan SMA/SMK, para guru dan masyarakat umum di daerah Kabupaten Magelang dan sekitarnya terhadap karya seni,” kata Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakaat ISI Yogyakarta, Dr. Nur Sahid M.Hum. Dia juga mengharapkan, pameran ini nantinya dapat merangsang kreativitas pelajar, guru dan masyarakat untuk tertarik menciptakan karya seni rupa dan media rekam atau fotografi.

Pameran seni rupa dan media rekam (fotografi) ini menyuguhkan karya-karya seni hasil penelitian para dosen muda dan karya seni para mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Fakultas Seni Media Rekam. Tidak kurang dari 47 karya seni dipajang dalam pameran ini dengan aneka jenis bahan atau media, aliran seni dan teknik penggarapannya. Karya-karya seni para mahasiswa ISI Yogyakarta itu berupa lukisan, karya fotografi dan seni kriya seperti patung fiberglass, patung logam, patung kayu, relief kayu, relief logam. Karya seni rupa yang dipamerkan itu gaya dan motifnya beraneka macam, ada lukisan yang naturalis, ekspresionis, desain poster, karikatur, dekoratif dan karya seni lainnya yang sebagian besar merupakan karya-karya seni kontemporer.

Menurut Dr. Nur Sahid M. Hum, kerjasama seperti ini diharapkan dapat terus berlanjut dan berkembang dalam bentuk program-program yang lain. Kegiatan ini sebagai bagian dari misi Institut Seni Indonesia Yogyakarta untuk berkontribusi dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Dengan pameran ini dapat memberikan wawasan kepada para siswa untuk bisa lebih meningkatkan kreativitas dan kecerdasan emosional mereka yang sama pentingnya dengan pembentukan kecerdasan intelektual dan kecerdasan yang lain.

Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta, Prof. Dr. I Wayan Dana SST, M.Hum. mengharapkan, kerjasama antara Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat ISI Yogyakarta dengan pihak Hotel Pondok Tingal Borobudur dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang ini perlu ditingkatkan dan dikembangkan untuk waktu-waktu yang akan datang. Juga untuk daerah-daerah lainnya, sehingga kegiatan pengabdian kepada masyarakat ISI Yogyakarta dapat lebih luas dan bermanfaat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang yang diwakili Kepala Seksi Kesenian dan Perfilman, Manteb Sudarsono, M.Pd menjelaskan, banyak alumni ISI Yogyakarta yang bekerja di Pemerintah Kabupaten Magelang khususnya di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Mereka banyak yang menjadi tenaga pendidik seni tari dan seni rupa di SD dan SMP. Dengan diselenggarakan pameran ini diharapkan mendapat apresiasi dan memberikan inspirasi untuk berkreasi bagi para guru dan siswa di daerah Kabupaten Magelang.

Pihak Hotel Pondok Tingal yang diwakili Budi Ismoyo S.Pd, sangat mendukung kegiatan ini. Diharapkan pameran seni rupa dan seni rekam (fotografi) ini dapat menggugah kecerdasan emosional para siswa. Karena para siswa di daerah ini harus memiliki kreativitas seni untuk mendukung Borobudur sebagai daerah tujuan wisata.- (ask)

Up Next

Related Posts

Discussion about this post