Beranda Buah Bibir Tokoh Minke “Bumi Manusia” Difilmkan, Begini Khawatirnya Para Penikmat Sastra

Tokoh Minke “Bumi Manusia” Difilmkan, Begini Khawatirnya Para Penikmat Sastra

504
0

Banyak spekulasi bermunculan ketika terpilihnya Iqbaal sebagai Minke, bahwa Falcon Picture dinilai mengambil kesempatan dari kesuksesan film Dilan 1990 yang berhasil meraup kurang lebih sebanyak tujuh juta penonton.

Wajar saja kekhawatiran itu muncul, sebab akan menghilangkan esensi sebenarnya tentang perjuangan kolonialisme dan perjuangan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kisah cinta Annelis Malema dan Minke memang menarik dan romantis, namun itu hanyalah pemanis dalam cerita. Justru perjuangan Minke melawan ketidakadilan yang terjadi pada bangsanya lebih penting untuk dikedepankan.

Novel Bumi manusia tidak sekadar novel cinta-cintaan semata. Bumi Manusia merupakan novel progresif yang mampu membangkitkan semangat revolusioner. Ketajaman pena Pram terlihat di novel Bumi Manusia.

Bumi Manusia merupakan buku pertama dari tetralogi Pulau Buru yang ditulis ketika Pram mendekam di Pulau Buru. Pram menulis kisah ini di bekas kertas bungkusan semen sebelum akhirnya ditulis pada 1975.

Novel yang kisahnya berlatar belakang kebangkitan nasional pada 1890-1918 ini sempat dilarang beredar pada masa Orde Baru. Kini buku tersebut sudah dicetak dalam 43 bahasa di seluruh dunia.

Bumi Manusia juga sudah diadaptasi ke dalam bentuk pementasan teater berjudul Bunga Penutup Abad pada 2016 yang dimainkan Reza Rahadian, Happy Salma, dan Chelsea Islan.

Adapun nama besar Pramoedya Ananta Toer telah terdengar hingga Eropa. Novel Bumi Manusia juga pernah dijadikan materi kuliah sastra di Universitas Queen Mary, London.