Prof Hamka Haq, Ajak Warga Perangi Radikalisme

Comment

SIAGAINDONESIA.COM – Radikalisme yang belakangan tumbuh subur, mengancam kemajemukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Oleh karenanya, perlu penanaman dan pemupukan ideologi bangsa secara kontinyu kepada elemen masyarakat.

Anggota MPR RI, Prof Hamka Haq mengatakan, salah satu cara paling efektif untuk menumbuhkan semangat nasionalisme adalah sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada warga negara. Dengan cara ini, gejala-gelaja intoleransi dapat diredam, mulai dari akar rumput atau masyakarat kelas bawah.

“Negara Indonesia merupakan negara yang berazaskan Pancasila, bukan negara yang berazaskan agama. Sehingga kemajemukan bangsa Indonesia harus terpelihara dengan baik, serta aksi radikalisme harus ditiadakan di bumi Indonesia,” kata Prof Hamka Haq saat memberikan sosialisasi empat pilar Kebangsaan di Kecamat Gempol Kabupaten Pasuruan, Sabtu (26/5/2018).

Penyampaian empat pilar yang meliputi Pancasila,UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, menurut Prof Hamka, bukan sekedar karena programnya sebagai anggota MPR RI. Lebih jauh, upaya menanggulangi radikalisme harus dilakukan oleh seluruh elemen bangsa, karena Pancasila sudah menjadi asaz negara.

“Keberadaan dan keutuhan empat pilar kebangsaan mutlak diperlukan. Untuk itu, kepala desa harus bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Serta harus memiliki jiwa kebangsaan yang tinggi sehingga bisa menyampaikan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat dengan baik,” ujar Prof Hamka dihadapan sekitar 100 tokoh tersebut. FUL

Up Next

Related Posts

Discussion about this post