DLU Siapkan Kapal Terbaik Layani Pemudik Lebaran 2018

Comment

SIAGAINDONESIA.COM – Di musim mudik lebaran tahun 2018 ini, PT Dharma Lautan Utama (DLU) kembali berkomitmen memberikan pelayanan terbaiknya kepada para pemudik yang menggunakan jasa kapal laut. Kenyamanan selama dalam perjalanan juga menjadi perhatian serius, dengan menyiapkan berbagai kelengkapan yang memadai. Kapal yang diturunkan selain laik laut juga telah lolos uji petik sebagai syarat sahnya perjalanan kapal laut.

DLU menyiapkan sebanyak 40 unit armada kapalnya yang siap melayani penyeberangan lintasan panjang dan pendek, di berbagai rute di Indonesia.

Di antaranya sebanyak 24 armada kapal disiapkan untuk melayani lintasan penyeberangan jarak pendek. Dan, 16 armada kapal lainnya untuk rute jarak jauh.

Untuk rute perjalanan dari Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk, misalnya disiapkan 56 armada kapal dan ditambah satu armada kapal dari PT ASDP.

Direktur Utama PT DLU, Erwin H Pudjono menyebut, DLU menyambut baik musim mudik tahun ini, dengan komitmen memberikan pelayanan terbaiknya. Perusahaan pelayaran itu telah menyiapkan semua kebutuhan untuk melayani pemudik ke berbagai jurusan.

“Armada kapal telah siap termasuk dengan kelengkapan laik laut, dan juga uji kir. Kita tetap mengedepankan keselamatan dan kenyamanan para penumpang pengguna jasa pelayanan. Termasuk dengan segala persiapan keselamatannya,” ujar Erwin di acara buka puasa bersama dengan wartawan di Hotel Nur Pacifik Surabaya, Sabtu (9/5).

Ditambahkan, untuk musim mudik lebaran tahun ini, jumlah penumpang diperkirakan meningkat jumlahnya dibanding tahun lalu, dan diprediksi akan ada peningkatan sampai 5 persen.

Sementara untuk ikut menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran, perusahaan itu juga menghimbau agar para pelanggan atau masyarakat pengguna jasa pelayaran untuk
tidak membawa barang secara berlebihan, apalagi yang berbahaya.

Untuk menjaga keamanan dan keselamatan, pihaknya akan ekstra ketat melakukan pemeriksaan dan pengamanan, termasuk terhadap paket-paket barang yang ditolak di angkutan udara.

Di kesempatan itu, Ketua Umum DPP Gapasdap, Choiri Soetomo menambahkan menghadapi musim mudik lebaran kali ini, pekerjaan dan tugasnya tidak ada kendala, dan diharapkan berlangsung baik dan lancar. Khususnya menyangkut kapasitas angkut penumpang dan barang. Semua jenis kapal telah melalui uji laik dan pemeriksaan.

Disebutkan seluruh armada kapal yang dioperasikan oleh anggota Gapasdap telah melakukan doking dengan persiapan yang matang dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengawaki juga memadai. Jumlahnya pun cukup, bahkan disiapkan kapal tambahan guna mengantisipasi kepadatan dan antrian.

“Di sejumlah pelabuhan penyeberangan malahan kelebihan armada kapal,” tambah Choiri.

Misalnya, di jalur padat rute Merak – Bakauheni yang sebelumnya 70 armada kapal. Ditambah menjadi 84 armada kapal.

Guna menjaga lancarnya perjalanan armada kapal, pihaknya juga berharap pemerintah memperhatikan fasilitas dermaga dan prasarana pelabuhan.

Di acara buka puasa itu, tak lupa siraman rohani dan pengajian singkat juga tersaji yang diberikan penceramah, dilanjutkan dengan salat Magrib berjamaah, dan berbuka puasa bersama.Tji

Up Next

Related Posts

Discussion about this post