KPK OTT Anggota DPR di Rumah Mensos Terkait Suap PLN

Comment

SIAGAINDONESIA.COM Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Wakil Ketua Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eni Saragih, di kediaman Menteri Sosial, Idrus Marham pada, Jumat, (13/7/2018). Selain Eni, ada 8 orang yang diciduk KPK.

Eni Saragih ditangkap saat menghadiri ulang tahun anak Idrus Marham. Hal itu dibenarkan Wakil Sekjen Partai Golkar Maman Abdurrahman.

Dia menyebut Eni ditangkap KPK di rumah dinas Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham saat mengadakan pesta ulang tahun putrinya.

“Turut hadir di acara itu mbak ES sekitar pukul 14.00 WIB sebagai tamu undangan beserta saya juga,” kata Maman.

“Sekitar pukul 15.00 WIB datang petugas KPK menemui Mbak ES untuk ikut ke kantor KPK untuk dimintai keterangan dengan menunjukkan sprindik,” imbuh Maman.

Dalam keterangan tertulisnya, Maman mengklarifikasi jika Eni ditangkap OTT. “Jadi perlu saya klarifikasi bahwa tidak ada OTT di rumah Mensos, namun lebih tepatnya KPK menjemput ES di rumah Pak Mensos,” terangnya.

Terkait OTT ini, Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkannya. Agus mengatakan ada sembilan orang ditangkap dalam kegiatan yang dilakukan oleh tim penindakan.

“Sejauh ini KPK mengamankan sembilan orang, yang terdiri dari unsur anggota DPR RI, staf ahli, sopir dan pihak swasta,” ujarnya, Jumat (13/7/2018).

Agus menjelaskan bahwa penangkapan itu berawal dari laporan masyarakat ke KPK. “Setelah ada informasi dari masyarakat yang kami kroscek ke lapangan, ditemukan bukti-bukti telah terjadi transaksi antara swasta dan penyelenggara negara,” jelasnya.

Sementara kabar yang diterima wartawan menyebutkan, petugas KPK mengamankan barang bukti Rp 500 juta terkait penangkapan Eni. Uang itu terkait proyek di Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Suap diberikan seorang pengusaha yang pernah menggarap megaproyek senilai 2,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp 21 triliun di Sumatera, meliputi proyek pembangunan jaringan rel kereta api dari Sumsel ke Bengkulu, terminal (dermaga) khusus untuk bongkar muat batu bara, dan pengerukan alur di Pelabuhan Pulau Baai.

 

Up Next

Related Posts

Discussion about this post