Beranda aneka KLM Sinar Timur Terbakar Di Pelabuhan Gresik

KLM Sinar Timur Terbakar Di Pelabuhan Gresik

19
SIAGAINDONESIA.COM Kapal Layar Motor (KLM) Sinar Timur yang bermuatan pupuk sebanyak 650 ton, yang berada di Pelabuhan Gresik Jawa Timur, terbakar, Senin (16/7/2018). Akibat kejadian tersebut, sejumlah anak buah kapal (ABK) lain, yang berada disekitar lokasi kejadian panik. Karena, takut kobaran api menyambar kapalnya.
Hembusan angin yang sangat kencang, membuat api cepat membesar sulit dipadamkan. Sehingga, menghanguskan keseluruhan badan kapal dalam waktu singkat. Untuk mencegah, agar api tidak merembet ke kapal lainnya. Tiga kapal tunda dikerahkan, untuk menarik kapal yang terbakar ke tengah laut.
Tamim (40) seorang saksi mata menuturkan, api pertama kali muncul dari bagian belakang kapal dan didalam kapal ada dua orang ABK yang sedang berjaga. “Saya tidak tahu pasti datangnya api, tahu-tahu bagian belakang kapal terbakar dengan api yang cukup besar,” katanya kepada Siagaindonesia.com, Senin (16/7/2018).
“Begitu saya tahu kapal terbakar, saya langsung teriak-teriak keawak kapal lainnya. Agar memindahkan kapalnya atau memindahkan muatannya, untuk menghindari api menjalar. Sedangkan saat itu, posisi saya berada di dalam kapal,” ujarnya.
Ditanya, terkait penyebab terbakarnya kapal dia mengakui tidak mengetahui. “Saya gak tau, dari mana api berasal. Sebab, saat ini polisi masih menyelidiki” ucapnya.
“Pupuk yang dimuat ini, akan dikirim ke Kalimantan Selatan,” tandasnya.
Pantauan Siagaindonesia.com dilapangan, untuk memadamkan dan melokalisir kobaran api agar tidak mejalar ke kapal lain. 3 unit kapal pemadam kebakaran dengan dibantu 2 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan.
Setelah berusaha selama kurang lebih satu jam, petugas pemadam akhirnya dapat mejinakan api. Dan beruntung dalam kejadian itu, tidak ada korban jiwa. Zer