Beranda Edukasi Danseskoal Beri Kuliah Materi Kepemimpinan TNI Pada Susjemenstra TNI AL

Danseskoal Beri Kuliah Materi Kepemimpinan TNI Pada Susjemenstra TNI AL

13
Danseskoal sedang memberikan meteri
Danseskoal sedang memberikan meteri

SIAGAINDONESIA.COM Perwira Siswa (Pasis) Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI AL Angkatan ke–13 TP. 2018 sebanyak 81 orang menerima kuliah dengan materi Kepemimpinan TNI/ Nasional dari Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc di Kelas B Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Bumi Cipulir Jakarta Selatan, Jum’at (20/7/18).

Selain Pasis Susjemenstra kuliah ini juga turut diikuti oleh Direktur Pengkajian Strategik dan Operasi (Dirjianstraops) Kolonel Laut (P) Suharto, S.H., M.Si (Han), Komandan Korsis (Dankorsis) Seskoal Kolonel Marinir Muharam Ahmad Fauzi, Para Kadep Seskoal, Patun dan Dosen Seskoal.

Dalam kuliahnya, Danseskoal menyampaikan, bahwa kepemimpinan TNI tidak lepas dari gagasan-gagasan tentang kepemimpinan yang hidup dalam kebudayaan bangsa Indonesia. Ketika TNI lahir, konsep kepemimpinan belum ada dan belum dirumuskan.

“Setelah kemudian para perwira belajar di Amerika Serikat, kepemimpinan mendapat perhatian dan masuk dalam kurikulum pendidikan militer. Namun, demikian figur kepemimpinan telah melekat pada para pemimpin TNI, seperti Jenderal Sudirman,”kata Danseskoal.

Lebih lanjut Danseskoal mengatakan, kepemimpinan yang tumbuh di dalam TNI/TNI AL dipengaruhi oleh semangat kebangsaan yang ditunjukkan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan; semangat kerakyatan, rakyat yang berjuang melalui ormas-ormas/partai-partai, lascar-laskar pejuang: kebangkitan rakyat yaitu gerakan suka rela rakyat dalam jumlah besar untuk berjuang, misalnya BKR tidak dibentuk pemerintah tetapi oleh rakyat yang membela kemerdekaan. TNI dipahami bukan hanya alat pemerintah tetapi sebagai kekuatan perjuangan bangsa; Semangat kemandirian yaitu tidak diperlengkapi, tidak digaji oleh pemerintah, tetapi ada upaya mandiri yang sudah menjadi naluri; Semangat integrasi nasional, yaitu TNI terdiri dari aneka ragam sumber dan asal, dipersatukan oleh kesatuan Komando dalam perjuangan ; Sikap pertahanan rakyat semesta yaitu perjuangan dilakukan oleh seluruh rakyat dengan TNI sebagai inti; serta rasa tanggung jawab nasional.

“Adapun beberapa hal yang terkait dengan kepemimpinan adalah asas-asas kepemimpinan TNI/TNI AL, Penerapan prinsip-prinsip kepemimpinan TNI/TNI AL termasuk permasalahan pemimpin tingkat nasional, unsur kepemimpinan, watak kepemimpinan, moral kepemimpinan, etika kepemimpinan, integritas kepemimpinan, komitmen seorang pemimpin, kompetensi yang dimiliki seorang pemimpin, model kepemimpinan transformasional dan pengembangan kepemimpinan”, tegas Danseskoal. Pada akhir kuliah, dilaksanakan diskusi dan tanya [email protected]