Beranda Arena Meriahnya Torch Relay AG18 Bukit Tinggi Sumatra Barat

Meriahnya Torch Relay AG18 Bukit Tinggi Sumatra Barat

24
Api obor Asian Games XVIII 2018 tiba di kota kelahiran Bung Hatta, Kamis (2/8/2018).

SIAGAINDONESIA.COM Api obor Asian Games XVIII 2018 tiba di kota kelahiran Bung Hatta, Kamis (2/8/2018).  Asian Games disambut parade dari penampilan siswa IPDN dari Sumatra barat dan tari gelombang dari SMA Negeri Bukittinggi, Sumatera Barat. Api Asian Games tiba di Kota Bukittinggi setelah menempuh perjalanan dari Bandara Minang kabau, Padang Pariaman sekitar pukul 14.30 WIB.

Api yang dibawa dalam bentuk tender box dari India tersebut diturunkan dari mobil di SMA Negeri 2 Bukittinggi, kemudian dibawa oleh Walikota Bukit Tinggi HM Ramlan Nurmatias SH ke Lapangan Kantin tempat prosesi acara dengan berlari sekitar 200 meter.

Jalan Jenderal Sudirman yang ditutup sejak pukul 13.00 dipenuhi oleh warga pengunjung yang ingin melihat langsung arak-arak obor Asian Games yang akan melewati 21 titik di Bukittinggi. Mereka terdiri dari masyaralat umum, karyawan kantor, dan ribuan pelajar yang sengaja dikerahkan oleh pihak sekolah untuk memeriahkan acara.

Bukittinggi merupakan satu-satunya daerah di Sumbar yang menjadi lokasi persinggahan Torch Relay (pawai obor) Asian Games 2018. Kota kecil yang penuh sejarah ini, akan menorehkan sejarah lagi dengan menjadi bagian dari 50 kabupaten/kota di 16 provinsi di Indonesia yang akan dilalui api obor Asian Games tersebut.

Terpilihnya Bukittinggi sebagai kota yang dilewati Torch Relay menjadi sejarah tersendiri. Sebab, momen langka ini kembali terulang, karna hal yang sama pernah terjadi pada 56 tahun silam. Hal ini tentunya tidak terlepas dari sejarah Kota Bukitinggi yang pernah sebagai ibu kota Negara RI.

Guna menyambut momen langka dan bersejarah ini, pemerintah daerah terus berupaya melakukan sejumlah persiapan, mulai dari rapat persiapan di tingkat SOPD, rapat persiapan bersama pemerintah provinsi, hingga gladi bersih pada rute yang akan dilalui api obor. Tidak hanya itu, di ruas jalan yang dilewati api obor juga dipasang baliho, spanduk, umbul-umbul dan merawa guna memeriahkan torch relay tersebut.

“Kami sudah siap menyambut kedatangan api obor Asian Games ini. Pemerintah kota bersama masyarakat akan menyambut dengan gembira api obor yang kemudian api obor itu diarak keliling kota Bukittinggi,” ujar Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias,

Ia menambahkan, api obor Asian Games akan dibawa ke Bukittinggi dan diarak keliling kota dengan rute yang dilalui sepanjang 10 Km.

Api obor ini juga akan melewati Lobang Jepang Bukittinggi, yang merupakan saksi sejarah kemerdekaan Indonesia, sekaligus pernah sebagai pusat pemerintahan Sumatera Tengah dahulunya. Bahkan yang lebih membanggakan lagi, api obor Asian Games itu akan bermalam di Bukittinggi, yang akan diinapkan di Istana Bung Hatta.TFK