Beranda Edukasi Misbakhun Edukasi Mahasiswa dan Pelajar tentang Tugas dan Peran OJK

Misbakhun Edukasi Mahasiswa dan Pelajar tentang Tugas dan Peran OJK

24
0

SIAGAINDONESIA – Peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dewasa ini menjadi sangat vital di tengah tumbuhnya perekonomian masyarakat serta semakin pesatnya dunia investasi dan perbankan. Untuk itu peran penting OJK perlu disosialisasikan kepada masyarakat.

Selama dua hari berturut-turut, anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun bersama OJK menggelar seminar nasional bertajuk ‘Memperkuat Peran OJK dalam Perlindungan Konsumen di Sektor Perbankan’ di Pasuruan.

Pada Senin (06/08), Misbakhun berbicara di hadapan ratusan mahasiswa STKIP PGRI terkait peran dan tugas OJK. Selanjutnya, pada Selasa (07/08), Misbakhun berbicara di hadapan ratusan siswa SMA Yadika, Bangil.

Misbakhun berpendapat, OJK adalah lembaga negara yang bertugas melindungi konsumen terutama di sektor perbankan. Lembaga ini menjadi penting dimana semakin berkembangnya industri keuangan dan investasi yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Mahasiswa harus paham tentang bagaimana investasi yang sehat. Mahasiswa harus mengerti mana investasi yang benar dan mana investasi bodong, caranya paling mudah lihat apakah lembaga investasi itu punya ijin dari OJK atau tidak,” terang Misbakhun.

Legislator Golkar yang getol membela kebijakan Presiden Jokowi ini mengajak mahasiswa sebagai agen gerakan pencerahan di masyarakat. Pasalnya, saat ini marak investasi bodong dengan segala modelnya yang banyak merugikan masyarakat.

“Untuk itu, mahasiswa harus menjadi motor pencerahan kepada masyarakat agar mawas terhadap berbagai iming-iming investasi fiktif,’ kata Misbakhun yang terpilih dari dapil Pasuruan dan Probolinggo ini.

Di hadapan ratusan siswa SMA Yadika, Misbakhun menyampaikan tugas OJK yang diantaranya adalah mengawasi perbankan dan lembaga keuangan non perbankan, serta tugas perlindungan terhadap konsumen. Untuk itu para siswa harus mengerti tentang peran penting OJK dalam menjaga perbankan dan konsumennya.

“Siswa yang mempunyai rekening bank adalah konsumen perbankan yang wajib mendapatkan perlindungan dari OJK, untuk memastikan tabungan adik-adik semuanya aman,” terang Misbakhun.

Mantan pegawai pajak Kemenkeu ini juga menyampaikan tentang tugasnya selaku anggota komisi XI DPR RI yang bermitra kerja dengan OJK, diantaranya melakukan peran fungsi sosialisasi lembaga negara yang menjadi mitra komisi XI kepada Konstituennya.

Acara menjadi sangat hangat ketika Misbakhun memberikan pertanyaan berhadiah kepada para siswa tentang definisi investasi. Di antara siswa yang berhasil menjawab pertanyaan adalah Sania, siswa kelas XII SMA Yadika yang berhasil menjawabnya.

Sementara itu, kepala OJK Malang, Widodo menyampaikan tentang survei literasi keuangan yang masih 29,7%. Artinya tingkat pengetahuan masyarakat tentang sektor keuangan masih sangat rendah.

“Sehingga masih banyak masyarakat yang menjadi korban penipuan investasi keuangan” ujar Widodo.

Widodo pun berharap adik-adik siswa setelah mengikuti seminar ini turut serta menyebarkan bagaimana investasi yang sehat di keluarga dan komunitasnya masing-masing.

“OJK terus berupaya meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui kegiatan seminar dan sosialisasi seperti ini,” kata Widodo.

Acara ditutup dengan penyerahan hadiah dan souvenir kepada para siswa yang telah berhasil menjawab pertanyaan dari narasumber. FUL