Beranda aneka Jalan Harun Tahir Gresik, Akhirnya Diportal DPUTR

Jalan Harun Tahir Gresik, Akhirnya Diportal DPUTR

17

SIAGAINDONESIA.COM  Setelah beberapa kali gagal, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik Jawa Timur akhirnya bisa memasang portal Jalan Harun Thohir, Gresik yang mengalami kerusakan parah. Akibat, dilewati kendaraan berat yang melebihi kapasitas jalan.

Pemasangan portal itu, baru bisa dilaksanakan hari ini, Jumat (10/8/2018). Dengan pengamanan ekstra dari Satpol PP dan Dinas Pehubungan (Dishub) Gresik, serta aparat gabungan TNI Polri. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan, setelah kemarin gagal memasang. Karena, dihalang-halangi warga setempat.

Kepala DPUTR Gresik Gunawan Setijadi, mengatakan pemasangan portal di Jalan Harun Thohir Gresik itu. Sesuai dengan hasil kesepakatan, dalam rapat bersama antara pengusaha dan warga.

“Sesuai dengan hasil rapat gabungan yang telah kami lakukan, pada beberapa waktu yang lalu. Bahkan, pertemuan itu telah kami lakukan berkali-kali bukan hanya sekali. Dengan melibatkan pengusaha dan perwakilan warga Jalan Harun Tahir yang sudah sepakat untuk dipasang portal,” ujarnya, Jumat (10/8/2018).

“Terkait pemasangan portal hari ini, semua pengusaha sudah tahu. Jadi tidak ada alasan, jika ada yang merasa tidak tau. Karena sudah menjadi kesepakatan bersama, makanya kami realisasikan sekarang,’ tegasnya.

“Pemasangan portal ini, kami lakukan untuk perbaikan Jalan Harun Thohir untuk peningkatan jalan yang sudah lama mengalami kerusakan sangat parah. Akibat, lalu lalangnya kendaraan yang melintas tidak sesuai dengan kapasitas jalan. Bayangkan, saja jalan yang masuk kategori kelas III. Dilewati kendaraan dengan muatan di atas 20 ton, padahal jalan itu hanya untuk dilewati kendaraan dengan bobot tonase 12 ton kebawah,” ungkapnya.

“Untuk perbaikan dan peningkatan  Jalan Harun Tahir, kami membutuhkan anggaran sebesar Rp 26,6 miliar. Namun, Pemkab Gresik hanya bisa menyiapkan dana Rp 5 miliar. untuk perbaikannya. Sehingga, dalam perbaikan yang kami lakukan nantinya masih tambal sulam dan memperbaiki yang tingkat kerusakannya parah.  Agar pengendara dan masyarakat sekitar, bisa nyaman saat melewatinya,” tandasnya.

Agar masyarakat tidak kebingungan dengan pemasangan portal, pihak Dishub Gresik memasang sejumlah rambu di sejumlah titik. Seperti, di samping jalan Yos Sudarso yang mengarah kedalam kota maupun ke Pelabuhan Umum Gresik. Kemudian, di Jalan Kapten Darmo Sugondo yang mengarah ke dalam Kota Gresik maupu ke arah Kota Surabaya. Zer.