Kampung Edukasi Sampah Sidoarjo Hias Gapura Kemerdekaan Bertema Asian Games

Comment

SIAGAINDONESIA.COM – Pagi itu sekelompok warga mulai terlihat sibuk melakukan berbagai aktifitas seperti mengecat, memasang lamphion, memasang umbul-umbul dan yang cukup menonjol sebagian warga lainnya merenovasi gapura dengan tampilan dan hiasan yang cukup mencolok.

Itulah sekilas aktifitas yang dilakukan oleh warga Kampung Edukasi Sampah RT.23 RW.07 Kelurahan Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, mereka memiliki cara tersendiri untuk menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus sebagai bentuk dukungan warga terhadap pelaksanaan Asian Games 2018.

Semangat untuk menyambut 73 tahun Kemerdekaan RI sekaligus menyemarakkan Asian Games 2018 itu muncul di Kampung yang selama ini menjadi jujukan edukasi pengelolaan sampah, mereka tidak tanggung-tanggung merogoh kocek sendiri untuk merenovasi dan menghias gapura dengan branding 73 tahun Indonesia Merdeka dan Asian Games 2018.

Edi Priyanto, Ketua RT.23 Sekardangan menyebutkan bahwa antusiasme warganya tersebut bisa dikategorikan sebuah “demam” yang positif, mereka termotivasi dan bersemangat menyambut Kemerdekaan RI serta penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang dengan merenovasi dan menghias gapura Kampung Edukasi Sampah menjadi tematik 73 tahun Kemerdekaan RI dan Asian Games. Logo HUT RI dan Asian Games tidak ketinggalan bahkan terlihat 3 mascot Asian Games 2018 yaitu Bhin bhin, Atung dan Kaka. Tiga mascot tersebut merepresentasikan energy yang berbeda dengan nilai keberagaman dan kesatuan.

Kampung Edukasi Sampah Buat Gapura Unik

Kampung Edukasi Sampah Buat Gapura Unik

Jiwa “Energy of Asia” diibaratkan sebagai bentangan keberagaman budaya, bahasa dan peninggalan sejarah, sehingga saat semua elemen tersebut bersatu maka akan menjadi kekuatan utama yang diperhitungkan dunia. Hal ini juga mengandung nilai yang dipegang teguh oleh Indonesia, berbagai ragam rumah bagi ratusan etnis dengan berbagai bahasa, namun tetap satu dibawah filosofi Bhineka Tunggal Ika.

“Desain dan hiasan gapura tersebut sebenarnya memiliki maksud agar mampu membawa semangat positif dari penyelenggaraan Asian Games 2018 sehingga masyarakat termotivasi semakin gemar berolahraga dan juga bisa turut serta mendukung suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia, selain itu gapura tersebut sebagai sebuah cerminan tema Asian Games 2018 yaitu sebagai “Energy of Asia,” ujar Edi.

“Guna menyemarakkan kegiatan selama Agustus ini, kami juga menyelenggarakan serangkaian kompetisi dan lomba berupa olahraga dan permainan tradisional. Kami memanfaatkan jalan yang disekitar rumah warga sebagai arena permainan bagi anak-anak, seperti mini sepakbola, mini bulutangkis, ular tangga, gobak sodor, aneka engklek, boi boian,” jelas Edi.

Agus Maulidi, Camat Sidoarjo yang turut melakukan pemantauan dilokasi mengapreasiasi semangat dan motivasi warganya dalam rangka turut serta menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 dan penyelenggaraan Asian Games 2018.

“Saya berharap kegiatan seperti yang telah dilakukan oleh warga Kampung Edukasi Sampah RT.23 RW.07 Sekardangan ini bisa menjadi sebuah contoh kegiatan yang positif yang diharapkan bisa cepat menular kepada warga di wilayah lain, sehingga kesemarakkan dan semangat menyambut kemerdekaan sekaligus mendukung suksesnya Asian Games 2018 dapat tergelorakan pada semua lapisan masyarakat,” kata Agus.

Gapura Asean Games 2018, di Kampung Edukasi Sampah

Logo Asean Games 2018, di Kampung Edukasi Sampah

“Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus merupakan puncak dari sebuah perjuangan para pejuang yang berhasil membantu memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. Kini kemerdekaan Indonesia bisa dirasakan dan dirayakan oleh seluruh warga Indonesia setiap tahunnya, sehingga upaya mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan warga seperti yang dilakukan di RT.23 Sekardangan ini patut diapresiasi dan harus dipertahankan dimasa yang akan datang,” pungkas Agus.Red/Tji

Up Next

Related Posts

Discussion about this post