Semangat Kemerdekaan RI Ke 73, AKBP Fadly Samad Berhasil Menaklukan Kawah Ijen

Comment

SIAGAINDONESIA – Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad dan rombongan berhasil menaklukan Kawah Ijen di Banyuwangi.

Sekitar pukul 21.30 WIB pada Sabtu (11/8) malam, Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad dan rombongan bergerak menuju Ke Kawah Ijen melalui jalur Bondowoso dari Wisama Probolinggo.

Letaknya hanya sekitar 4 jam perjalanan dari Pusat Kota Probolinggo. Perjalanan yang panjang namun cukup menyenangkan karena melewati perbukitan yang sejuk di malam hari.

Sekitar pukul 1. 45 WIB pada Minggu (12/08) dini hari. Rombongan tiba di parkiran mobil atau di pos pemberangkatan (Paltuding). Segala sesuatu di persiapan. Mulai dari bekal, menyiapkan mantel, sarung tangan jaket dan sejumlah obat-obatan serta senter.

Dari Pos Pemberangkatan, sekitar pukul 02.00 dinihari. AKBP Fadly Samad dan rombongan melakukan perjalanan pendakian.

Tanjakan yang ekstra tajam menanti di setengah perjalanan, namun di tengah perjalanan yang lain banyak didapati jasa ojek (Troli) dengan tarif naik ke puncak Rp 700 ribu untuk satu orang dan sejumlah pos peristirahatan untuk pendaki.
img_20180813_020617
“Monggo pak, Ojeknya perjalanan ke atas masih tinggi,”celetuk beberapa ojek pada rombongan.

Namun dengan stamina yang kuat rombongan tidak menggunakan jasa tersebut. Akan tetapi rombongan Kapolres Probolinggo ini berkali-kali melakukan istirahat. Melihat pendakian menguras tenaga. Bahkan, salah seorang rombongan harus menghirup Oxigen yang di sediakan sebelumnya oleh Tim Dokpol Polres Probolinggo.

“Ini perjalan yang sungguh luar biasa,”jelas AKBP Fadly Samad di lokasi puncak.

Setelah Pendakian panjang hingga di puncak Ijen dengan ketinggian 2.443 meter tersebut, rombongan berhasil menaklukkan puncak Ijen sekitar pukul 04.12 WIB. Sebab, perjalanan dari Pos Pemberangkan minimal memakan waktu 2 jam lebih. Kalau pas beruntung bisa menyaksikan fenomena api biru (blue fire) yang cukup menarik.

Setelah dipuncak Ijen, AKBP Fadly Samad memanfaatkan momen keindahan alam Ijen dengan mengabadikan menggunakan kamera Handphonenya. Berkali-kali, kamera Handphonenya berbunyi Jepret-jepret.

Sekitar pukul 4.30 WIB, rombongan terbagi dua Kelompok. Kelompok AKBP Fadly Samad melanjutkan perjalanan menuju bibir kawah yang terdapat semburan blerangnya. Sedangkan Kelompok Ny Dala Samad, menunggu Sunrise dari Puncak Gunung Ijen.

Dalam perjalanan menuju bibir kawah, Kelompok AKBP Samad hanya di ikuti oleh 3 orang anggotanya, Yaitu Kasat Shabara AKP Sujianto dan 1 orang anggota Satlantas serta Ajudan Kapolres.

Setapak demi setapak, AKBP Fadly Samad menuju ke bibir kawah sekitar 1 jam pendakian. Di Bibir kawah, terdapat pekerja sedang mengambil Belerang untuk di jual. Jepretan Kamera Handphone bunyi dari salah satu rombongan.

Namun, asap Belerang menghampiri rombongan. Selang beberapa menit, Rombongan kembali ke puncak Gunung ijen. Sekitar pukul 6.47 WIB rombongan kembali bergabung dengan Kelompok Ny Dala Samad.

Namun sebelumnya, seorang pekerja Belerang menyebutkan pada Kelompok Ny Dala Samad, kalau tambah siang udara tambah dingin dan kabut semakin tebal. “Mendingan di bawah saja ibu-ibu. Tambah siang tambah dingin udaranya,”celetuk salah satu pekerja.

Sekitar pukul 7.15 Rombongan yang di Pimpin AKBP Fadly Samad itu, melanjutkan perjalanan ke pos pertama yaitu di lokasi Paltuding.

“Alhamdulillah, dengan semangat kemerdekaan ke 73 ini, Kami dan rombongan berhasil menaklukkan Kawah Ijen. Perjalanan yang sungguh luar biasa dan membutuhkan stamina yang lebih,”pungkasnya. FUL

Up Next

Related Posts

Discussion about this post