Beranda aneka Merdeka, 5 Napi Lapas Ngawi Dapat Remisi Bebas

Merdeka, 5 Napi Lapas Ngawi Dapat Remisi Bebas

66
Bupati Ngawi memberikan remisi kepada napi

SIAGAINDONESIA.COM-Di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-B Ngawi pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018 ini ada 5 orang narapidana (napi) mendapatkan remisi bebas. Sedangkan  184 napi lainya mendapatkan remisi umum (RU) maupun dasawarsa. Gatot SSP Kasubsi Registrasi Binkemas Lapas Kelas II-B Ngawi mengatakan,  5 orang napi yang dinyatakan bebas berasal dari kasus penyalahgunaan pil koplo, pencurian, illegal loging dan korupsi.

Remisi bebas bersyarat maupun remisi umum diberikan kepada napi setelah menjalani masa tahanan lebih dari 6 bulan. Bebasnya napi tersebut tidak lepas dari remisi yang diberikan Bupati Ngawi Budi Sulistyono yang diserahkan langsung secara simbolis sebelum mengikuti upacara bendera di alun-alun Ngawi.

“Kalau yang mendapatkan remisi bebas maka hari ini juga mereka akan keluar dari lapas ini,” terang Gatot SSP, Jum’at, (17/08).

Keputusan remisi maupun grasi ini secara kriteria peruntukanya bagi napi berkelakukan baik selama menjalani masa tahanan yang artinya taat segala aturan didalam lapas itu sendiri. Dan yang terpenting tegas Gatot SSP, pemberian remisi kepada napi dan anak pidana yang memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang mengacu pada PP No 99 Tahun 2012 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga binaan pemasyarakatan.

“Bagi yang mendapatkan remisi bebas secepatnya menyesuaikan dan adaptasi dengan lingkungan dimana ia akan tinggal. Jangan sampai mengulangi perilaku yang sama yang berakibat masuk di lapas ini,” terang Bupati Ngawi Budi Sulistyono usai memberikan remisi.

Usai memberikan remisi secara simbolis kepada para napi, Bupati Ngawi melakukan upacara bendera menandai puncak peringatan HUT Kemerdekaan ke-73 di Alun-Alun Merdeka Ngawi. Acara diawali dengan penaikan sang saka merah putih satu tiang penuh yang dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera ( Paskibra) Ngawi 2018 sebanyak 32 personel.

Bupati Ngawi Budi Sulistyono selaku inspektur upacara mengajak seluruh peserta upacara dan undangan untuk mengheningkan cipta sejenak mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan RI. Tapi sayangnya khidmatnya upacara yang sangat di sakralkan di setiap tahunya ini diwarnai banyaknya peserta upacara jatuh pingsan akibat cuaca panas. (pr)