Beranda News Makna Kemerdekaan, Pelajari, Tiru dan Teruskan Nilai Perjuangan

Makna Kemerdekaan, Pelajari, Tiru dan Teruskan Nilai Perjuangan

23
Soekarwo beri potongan tumpeng untuk veteran pejuang

SIAGAINDONESIA.COM – Gubernur Jawa Timur Soekarwo meminta generasi muda untuk Mempelajari, Meniru dan Meneruskan Nilai-nilai Perjuangan para pahlawan bangsa menjadi makna kemerdekaan.

“Mempelajari, meniru, dan meneruskan nilai perjuangan menjadi makna kemerdekaan bagi generasi penerus bangsa Indonesia. Nilai-nilai dan semangat inilah yang harus selalu diteladani kepada generasi penerus bangsa. Apalagi saat ini perkembangan dunia dan teknologi semakin pesat,” ujar Gubernur Jatim Soekarwo saat ramah tamah dengan para pejuang veteran, perintis kemerdekaan, dan purnawirawan, dan jenderal veteran dalam Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (17/8/2018).

Nilai perjuangan dan semangat pengorbanan para pejuang dan pendiri bangsa, menurut Pakde Karwo-sapaan akrab Gubernur Jatim ini, untuk mendorong generasi muda mewujudkan keadilan sosial, kemandirian ekonomi bangsa, dan menegaskan nilai-nilai budaya bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Di kesempatan itu, Pakde Karwo juga menyampaikan rasa hormat serta apresiasi setinggi-tingginya kepada para pejuang veteran yang telah berjuang bertaruh nyawa dengan tanpa pamrih demi mewujudkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Mewakili pemerintah dan masyarakat Jawa Timur, kami memberikan penghormatan dan apresiasi sebesar-besarnya kepada para pejuang veteran, serta pejuang yang telah gugur demi kemerdekaan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu alasan yang menguatkan tekad para pejuang kemerdekaan, adalah mewujudkan cita-cita adil dan makmur bagi bangsa ini. Cita-cita tersebut menumbuhkan rasa persaudaraan dan kebersamaan hingga menyatukan tekad untuk berjuang demi kemerdekaan.

“Para pejuang mengorbankan nyawa, darah, air mata dan keringatnya untuk Indonesia, karena mereka meyakini bahwa dengan kemerdekaan itulah terdapat jembatan emas yang dapat diisi dengan masyarakat adil dan makmur. Masyarakat tidak saja makmur, tetapi juga adil,” jelasnya.

Dirinya juga mendoakan para pejuang dan veteran yang masih hidup agar senantiasa dalam kondisi sehat dan terus menyebarkan semangat kepahlawanan pada generasi penerus.

“Kepada para pejuang yang telah gugur, kami doakan agar mendapat tempat disisi-Nya, serta menjadi bunga bangsa dan tauladan bagi kita,” lanjutnya.

Generasi Muda Harus Gunakan Teknologi dengan Bijak

Pakde Karwo juga mengingatkan kepada generasi penerus agar menggunakan teknologi dengan bijak. Hal ini perlu dilakukan karena melihat fenomena kehidupan anak-anak muda yang terjebak dengan teknologi.

“Ini pertarungan baru dalam kehidupan kita, jangan sampai kita menjadi alat teknologi. Tetapi teknologi menjadi alat kita. Kita lihat keseharian saat ini, anak-anak kita hampir semuanya terjebak dalam teknologi. Hampir tidak menyapa lingkungannya karena memegang teknologi,” tegasnya.Tji