PKS Jatim Gelar Lomba Baca Kitab Kuning ke 3

Comment

SIAGAINDONESIA.COM-Menjaga tradisi keilmuan Islam melalui keahlian membaca kitab kuning, DPW PKS Jatim untuk kali ke 3 kembali menggelar lomba membaca kitab kuning. sekitar 24 peserta yang merupakan hasil saringan dari para juara di 8 kabupaten kota sebagai pusat penyaringan pertama, saling berlomba menunjukkan kemampuan dan kefasihan dalam membaca kitab kuning.

Arif Hari Setiawan, Ketua Umum DPW PKS Jawa Timur menegaskan lomba ini bertujuan menjaga warisan keilmuan Islam agar tetap orisinil dan sesuai dengan semangat zaman.

“Ke depan tantangan kita sebagai bangsa sangat besar. Maka dibutuhkan generasi penerus yang memiliki basis keilmuan Islam yang kuat untuk memberikan pencerahan kepada umat agar tidak terombang-ambing. Juga memberi solusi atas problematika kebangsaan. Dan saya yakin generasi itu ada di sini,” ujar Arif saat pembukaan lomba yang digelar di kantor DPW PKS Jatim, Ahad (  16/9/218).

Berbeda dengan 2 pelaksanaan lomba yang sama sebelumnya, kali ini terdapat 7 peserta santriwati yang lolos ke babak 24 besar ini. Diantaranya Yaitu Lailatul Fadilah dari Pondok Pesantren (PP) Darul Ittihad Bangkalan, Izza Hashina dari PP Al-Falah Punggulrejo Tuban, dan Lathifah Inten dari PP Kahfi Zaman, Brebek Sidoarjo.

“Respon santriwati kali ini sangat banyak. Makanya tahun ini kita putuskan santriwati boeh ikut dalam lomba ini,” kata Irwan Setiawan Ketua Fraksi PKS DPRD Jatim.

Namun tambah pria yang akrab disapa kang Irwan ini, katagorinya masih menjadi satu. belum ada katagori khusus untuk Wanita.

Untuk menjaga kualitas para juara, panitia bekerja sama dengan Kementerian Agama Provinsi Jatim sebagai dewan juri. Mereka adalah KH. Amanillah, S.Ag, M. HI, KH. Farmadi, S. Ag, M. HI, dan KH. Su’ud Amin, M. Pd.I. 

juara 1 akan kirim ke JKT
yg pertama juara kedua, event ken 2 ..dpt juara 1.
ini berat untuk pertahankan

juri kemenag. juri internasional.

Dari penilaian dewan juri, tampil sebagai juara pertama adalah Hilman Muhammad Ismail dari PP Al-Hikam Malang dan berhak atas hadiah uang tunai sepuluh juta rupiah, juara kedua diraih Moh. Umarul Faruq dari PP Tarbiyatus Sibyan Bangkalan, sedang juara ketiga Abd. Wadud dari PP Mambaul Ulum Bata-bata Pamekasan.

Nantinya pemenang  pertama akan mewakili Jawa Timur dalam Lomba Baca Kitab Kuning tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Jakarta pada bulan Oktober 2018. Memperebutkan Hadiah Umroh dan uang puluhan juta rupiah.

Up Next

Related Posts

Discussion about this post