Beranda aneka Dari Ngawi Polisi Kawal Ratusan Pesilat SH Winongo Ke Madiun

Dari Ngawi Polisi Kawal Ratusan Pesilat SH Winongo Ke Madiun

81
0

SIAGAINDONESIA.COM-Kegiatan Suran Agung oleh Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW) yang digelar di Winongo Madiun pada Minggu ini, (23/09), dipastikan akan dihadiri ribuan pesilatnya dari berbagai daerah. Seperti dari Ngawi saja tercatat ada 240 pesilat yang diberangkatkan menggunakan 6 armada bus dari dua titik pemberangkatan yakni Karangjati dan Geneng.

“Sesuai komitmen awal ratusan pesilat PSHW ini menggunakan bus saat rayakan Suran Agung di Madiun dan tidak dibenarkan melakukan konvoi menggunakan sepeda motor. Mereka kita lepas pukul 08.30 WIB dan pulang nanti sekitar pukul 13.00 WIB keluar dari padepokan PSHW,” terang Kabagops Polres Ngawi Kompol Rudy Sesunan.

Ratusan pesilat tersebut langsung mendapatkan pengawalan ekstra ketat pihak aparat kepolisian baik keberangkatan maupun kepulangan dari Madiun. Langkah itu dilakukan untuk mencegah bentrokan yang biasa terjadi dengan para oknum dari perguruan silat lainya.

“Kalau mereka nekat menggunakan sepeda motor tetap kita larang dan akan kita kembalikan ke daerah asal. Sejauh ini rekan-rekan dari PSHW telah mentaati komitmen yang telah dibangun sebelumnya,” beber Rudy.

Seperti halnya dalam kegiatan Satu Suro, kegiatan Suran Agung yang diikuti ribuan angota PSHW ini mendapat persetujuan dari pihak kepolisian, namun dengan beberapa catatan. Di antaranya, dilarang melakukan mobilisasi masa atau pengerahan masa secara masif.

Selain itu, cabang yang boleh mengikuti Suran Agung, adalah cabang dari Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Nganjuk dan Bojonegoro. Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu menjelaskan,para peserta Suran Agung juga dilarang melakukan konvoi menggunakan sepeda motor. Titik kumpul dan rute yang akan dilalui peserta juga telah ditentukan oleh pihak kepolisian. (pr)