Beranda budaya Kirab Budaya 1400 Pendekar

Kirab Budaya 1400 Pendekar

134

SIAGAINDONESIA.COM – Pemerintah Kabupaten Madiun menggelar Kirab Budaya 1400 Pendekar dalam rangka Kabupaten Madiun Kampung Silat Indonesia tahun 2018 dengan diikuti 14 perguruan pencak silat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Madiun, dan setiap perguruan silat diwakili 100 orang pendekar, Jumat sore (26/10/3018).

Dari 14 perguruan silat di Madiun yang mengikuti parade di antaranya adalah Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW), Persaudaraan Setia Hati Tuhu Tekad, IKS Kera Sakti. Kemudian perguruan Ki Ageng Pandan Alas, Tapak Suci, Pro Patria, Persinas ASAD, Merpati Putih, Pagar Nusa, dan Cempaka Putih serta Persaudaraan Sejati, Pro Patria, Persaudaraan Pangastuti Tundung Madiun.

Dalam sambutannya Bupati Madiun H. Ahmad Dawami, S.Sos menyampaikan “Kita ingin wujudkan Kabupaten Madiun sebagai kampung pesilat. Kita adakan parade yang ingin kita buktikan bahwa ternyata perbedaan perguruan pesilat bisa bersatu.”

“Dengan kebersamaan ini seluruh perguruan pencak silat diwilayah Kab. Madiun akan mempunyai tekad yang sama untuk tetap menjaga kerukunan dan keamanan bersama. Dan saya juga yakin bahwa ujung seluruh perguruan pencak silat adalah akhlakul karimah dan ini sudah di buktikan pada sore hari ini mereka dapat berbaur dan bersatu bersama.”

“Mari kita tunjukkan kedamaian yang kita tunjukan pada sore hari ini, sehingga kesuksesan tujuan dari Kab. Madiun untuk menjadi Kampung Silat Indonesia sebagai destinasi wisata,” tutup Bupati.

Hal senada juga diungkapkan Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Czi Nur Alam Sucipto, S.Sos “pesilat merupakan sebuah potensi kekuatan yang dapat mendukung keamanan dan kondusifitas di Kabupaten Madiun. Pesilat dapat mendukung pembangunan di Kabupaten Madiun.”

“Harapannya dengan keberadaan banyak pesilat menjadikan dampak yang positif bagi keamanan lingkungan disekitarnya. Terutama menjelang Pemilu 2019, kekuatan pengamanan dari pesilat, menjadikan kekuatan yang sangat luar biasa di Kabupaten Madiun”, tutup Dandim.MC0803/sam