Beranda Arena Gung Ho Berhasil Raih Juara Umum Binsat Korps Marinir 2018

Gung Ho Berhasil Raih Juara Umum Binsat Korps Marinir 2018

120
Batalyon Infanteri 1 Marinir Juara umum Lomba Binsat
Batalyon Infanteri 1 Marinir Juara umum Lomba Binsat

SIAGAINDONESIA.COM Batalyon Infanteri 1 Marinir yang lebih dikenal dengan sebutan “Gung Ho” berhasil mencatatkan sejarah sebagai juara umum lomba Binsat Korps Marinir 2018 setelah berhasil menjadi yang tercepat di halang rintang yang dilaksanakan di Brigif 2 Marinir Gedangan, Sidoarjo. Jumat (19/10/18).

Lomba Binsat Korps Marinir tahun 2018 yang secara resmi ditutup oleh Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) tersebut Yonif 1 Marinir dengan Komandan Batalyon Letkol Marinir Danang Wahyu lsbiantoro, M.Tr.Hanla berhasil mengumpulkan nilai 25 dari cabang menembak, 55 renang militer, 65 dayung perahu karet, 80 “cross country ” dan 100 dari halang rintang, total nilai yang dikumpulkan 325. Urutan ke dua diduduki Yonif 8 Marinir dengan total nilai 272 dan Yonif 3 Marinir sebagai juara tiga dengan nilai 271.

Dankormar dalam amanatnya mengatakan, kemenangan bukanlah segala-galanya tetapi semangat juang pantang menyerah dan kesiapan prajurit untuk menyongsong tugas, itulah yang diharapkan.

“Lomba binsat yang kita selenggarakan ini menjadikan tolak ukur kemajuan pembinaan bagi setiap satuan dijajaran Korps Marinir sehingga satuan-satuan yang menjuarai lomba bisa dijadikan acuan oleh satuan yang lain dalam hal sistem pembinaan latihan selanjutnya,”kata Dankormar.

Menurut Dankormar, bahwa bagi satuan yang berhasil menjuarai Binsat Korps Marinir tahun 2018, bukan berarti satuan berhenti untuk berlatih karena pada prinsipnya pembinaan latihan harus tetap dilaksanakan secara berkesinambungan, bertingkat dan berlanjut.

“Bagi satuan-satuan yang belum menjadi juara,saya mengharapkan agar lebih meningkatkan pembinaan latihan secara lebih maksimal dan dilandasi motivasi yang kuat serta bersungguh-sungguh. Ajang lomba binsat ini, boleh berakhir namun semangat kompetisi, semangat juang dan “spirit of the winner” yang telah menyala di dada setiap sanubari prajurit tidak boleh padam. Semangat yang berapi-api akan terus menjadi semangat juang kalian sebagai prajurit petarung profesional, berkarakter dan selalu dicintai oleh rakyat demikian juga dengan rasa persaudaraan “the big of the gunners” rasa kebersamaan yang telah tumbuh disaat menghadapi tantangan, kesulitan dan tekanan selama perlombaan harus senantiasa terpatri dalam sanubari kalian sehingga akan menumbuhkan “espirit de corps” jiwa korsa yang tinggi sebagai dasar pengabdian dan loyalitas tanpa batas kepada Negara dan bangsa yang kita cintai,” pungkasnya.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba, yaitu juara pertama tiap cabang, menembak diraih Yontaifib 1 Mar, renang militer Yonif 4 Mar, dayung perahu karet Yonif 8 Mar, cross country Yonif 6 Mar dan halang rintang diraih Yonif 1 Mar.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Korps Marinir juga menyerahkan hadiah kepada juara Tim atau perorangan, untuk menembak diraih Letda Mar George VB Ohe dari Yonif 10 Marinir dengan nilai 100, tercepat di renang militer diraih oleh Letda Mar Marcel Galih dari Yonif 4 Mar dengan waktu 37 detik 36 second, tercepat di dayung perahu karet direbut PK 1 Yonif 2 Mar dengan waktu 3 menit 33 detik 33 second, untuk tercepat perorangan di cross country direbut oleh Serda Mar Reka Arinaldy dari Yontaifib 2 Mar dengan waktu 1 jam 8 menit 56 detik sedangkan tercepat di halang rintang diraih oleh Pratu Mar M. Zangki Adin dari Yonif 1 Mar dengan catatan waktu 2 menit 3 detik 39 second.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, Irkormar Kolonel Marinir Enjang Suryana, Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Sarjito, Asops Dankormar Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto, Wadan Pasmar 1 Kolonel Marinir M. Nadir, Wadan Pasmar 2 Kolonel Marinir Ludi Prastyono, Komandan Brigif 4 Marinir Kolonel Marinir Bambang Hadi S., Komandan Lanmar Jakarta Kolonel Marinir Suwandi, Komandan Lanmar Surabaya Kolonel Marinir Mauriadi, Para Asisten Danpasmar 1, 2 dan Para Komandan Kolak dijajaran Pasmar 1 dan [email protected]