Beranda Bisnis Agar Mampu Bersaing Pelaku UMKM Gresik Diajak Berinovasi

Agar Mampu Bersaing Pelaku UMKM Gresik Diajak Berinovasi

270
0

SIAGAINDONESIA.COM Untuk memberi wawasan, agar bisa meningkatkan usahanya lewat inovasi dan efisiensi usaha serta beradaptasi dengan perkembangan maupun trend bisnis. Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskoperindag UMKM) Kabupaten Gresik, bekerjasama dengan PT. Indomarco Prismatama mengumpulkan pelaku UMKM untuk megikuti Seminar UMKM di Ruang Mandala Eka Praja Kantor Bupati Gresik, Jumat (28/12/2018).

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, mengatakan bahwa pelaku UMKM harus difasilitasi untuk bisa kerjasama dengan ritel modern. Seperti indomaret, alfamart, alfamidi dan lainnya sebagainya.

“Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan pada sector usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Gresik. Kami ingin sector UMKM ini, dibina dengan baik dan diberi masukan agar memiliki daya saing dalam mengembangkan usahanya,” ujarnya.

“Caranya pelaku UMKM, contohya yang berjualan makanan khas Gresik atau makanan tradisional. Seperti, penjual nasi pecel, soto, semanggi atau makanan yang tidak dijual diritel beri kesempatan untuk bisa berjualan di teras atau halaman swalayan dengan demikian mereka berkesempatan untuk bersaing,” tuturnya.

Di tambahkan Bupati, pihaknya berharap PT. Indomarco Prismatama yang selama ini mengelola swalayan Indomaret. Agar dapat ikut berperan dengan memberi kesempatan bagi sejumlah UMKM di Gresik untuk berjualan di halaman atau teras swalayannya. “Jika para pelaku UMKM nantinya diberi kesempatan, maka harus mematuhi standarisasi dan peraturan yang ada. Jangan sampai merepotkan pengusaha ritel yang bersangkutan,” imbaunya.

“Saya siap memberikan rekomendasi melalui melalui Kepala Diskoperindag UMKM, agar pelaku UMKM bisa berjualan di teras swalayan. Tetapi, yang jualan harus asli pelaku UMKM bukan yang hanya mengaku-ngaku sebagai pelaku UMKM. Kalau itu yang terjadi saya tidak setuju dan menarik rekomendasi. Karena saya menginginkan agar pelaku UMKM di Gresik dapat sejahtera dengan produk yang dijualnya,” tandasnya. Zer