M Trijanto dan Andi Yuwono Katib saat Saling Mamaafkan

SIAGAINDONESIA.COM Calon Senator atau Dewan Pimpinan Daerah (DPD) asal Jawa Timur, Mohammad Trijanto akhirnya mencabut laporannya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar dan Polres Blitar. Sebelumya Ia melaporkan Andi Yuwono Katib yang juga sesama calon senator asal Jawa Timur.

Trijanto sempat melaporkan Andi Katib (sapaan akrab Andi Yuwono Katib) ke Banwaslu karena diduga telah melakukan Black Campaign atau kampanye hitam. Selain itu, Trijanto juga melaporkan Andi Katib ke Polres Blitar karena diduga telah telah menyebarkan informasi palsu dan pencemaran nama baik. Andi Katib telah memposting contoh brosur untuk sosiasosial pemilu 2019, namun nama Mohammad Trijanto tidak ada dan diganti dengan nama orang lain.

Setelah keduanya bertemu, akhirnya keduanya membuat surat pernyataan. Andi Katib calon DPD nomor urut 29 mengakui kesalahannya dan meminta maaf pada Trijanto. Sementara Mohammad Trijanto telah memaafkan juga membuat surat pernyataan untuk mencabut laporannya di Bawaslu dan Polres Blitar. Renacanya Trijanto dan Andi Katib akan datang ke Bawaslu dan Polres Blitar pada Kamis (03/01) untuk mencabut laporannya.

“Saya berjanji, apabila saudara Andi bisa meminta maaf dad menyampaikan tidak ada niat jahat dalam mengunggah gambar itu di laman facebook, maka saya harus memaklumi dan memahami dan otomatis memaafkan,” ungkap Trijanto di salah satu rumah makan yang ada di Kota Blitar usai bertemu dengan Andi Katib, Rabu (03/1).

Trijanto menegaskan, bahwa Ia tidak ingin ada unsur paksaan dan rekayasa politik untuk mempidanakan orang yang tidak bersalah sehingga menjatuhkan Andi Katib . Menurutnya, mereka berdua sama-sama calon senator asal Blitar, sehingga Ia tidak ingin temanya terganggu saat melakukan sosialisasi ke calon pemilih.

“Saya tidak ingin menghancurkan karir lawan dan kawan politik dengan cara yang tidak beradap seperti adanya rekayasa politik dan rekayasa hukum sehingga menjadi tersangka kasus undang-undang ITE seperti dirinya,” tegas Calon Senator nomor urut 39 ini.

Sementara Andi Katib mengaku tidak mengetahui ada kesalahan penulisan nama dalam brosur yang ia unggah. Ia mendapatkan gambar brosur ini dari grup whatsapp, dan sebagai calon Senator tergerak untuk ikut sosialisasi mensukseskan pemilu 2019.

Beberapa waktu setelah memposting, Ia baru menyadari ada kesalahan dan segera menghapusnya. Ia juga meminta maaf pada Mohammad Trijanto atas kesalahan yang Ia lakukan.

“Saya khilaf karena kesalahan saya tadi, dan saya sudah berjanji pada diri saya akan datang langsung ke Mas Trijanto untuk meminta maaf. Permohonan maaf ini karena murni kesalahan saya dan murni kekhilafan saya,” ungkapnya.rob