Beranda Headline Resmi Jabat Ketua PN Surabaya, Nursyam Masih ‘Terima’ Bendera Kuning

Resmi Jabat Ketua PN Surabaya, Nursyam Masih ‘Terima’ Bendera Kuning

152
0
Sertijab Ketua PN Surabaya Dari Sujadtmiko Ke Nursyam Dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Timur Abdul Kadir, (foto: Ad)

SIAGAINDONESIA.COM Jabatan Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Surabaya sebelumnya Sudjatmiko, kini resmi digantikan oleh Nursyam setelah dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Timur Abdul Kadir, Senin (7/1/2019).

Selain melantik Ketua PN Surabaya, Ketua Pengadilan Tinggi Jatim juga melantik M Yapi sebagai Ketua PN Sidoarjo. Ia menggantikan posisi Wayan Karya yang dipromosikan menjadi Ketua PN Bekasi. Sedangkan Sudjatmiko dipromosikan menjadi Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi Bali.

Terpantau pada prosesi pelantikan, Nursyam mengucapkan sumpah jabatan dan menandatangani pakta integritas dan dilanjutkan serah terima jabatan (Sertijab) dari Sujadtmiko ke Nursyam.

Nursyam (kanan) mengucapkan sumpah jabatan, (foto: Ad)

Melalui sambutannya, Abdul Kadir meminta kepada Nursyam, Ketua PN Surabaya yang baru agar sejumlah perkara yang masuk dapat diputus tak lebih dari lima bulan. Karena pada saat ini, penanganan perkara yang ditangani PN Surabaya masih kurang maksimal atau bendera kuning.

“Untuk mendapat bendera hijau, harus meningkatkan pelayanan sampai 90 persen dan saat ini Pengadilan Negeri Surabaya masih 69.30 persen,” kata Abdul Kadir dalam sambutan pada pelantikan Ketua PN Surabaya dan Ketua PN Sidaorjo yang baru di Pengadilan Tinggi Jatim, Senin (7/1).

Oleh karena itu, dengan adanya keterbatasan waktu itu, dirasanya perlu ada perencanaan portal yang tepat oleh majelis hakim yang bersangkutan dalam menangani setiap perkara yang disidangkan.

“Harapannya PN Surabaya bisa meningkatkan persentase penanganan perkara melalui SIPP,” tegasnya diakhir sambutannya.

Terpisah, Nur’syam mengaku akan memperbaiki kinerja pelayanan di PN Surabaya. Ia mengaku akan semaksimal mungkin mengerahkan semua sumber daya manusia dilingkungan kerjanya.

“Dalam satu tahun ini kami akan perbaiki dan meningkatkan kinerja pelayanan di PN Surabaya,” kata Nursyam pada sejumlah awak media.

Sementara saat ditanyakan kekurangan apa dalam pelayanan kinerja di PN Surabaya, Mantan Wakil Ketua PN Surabaya ini mengaku perlunya penambahan hakim yang bertujuan untuk mempercepat penanganan perkara di PN Surabaya.

“Guna meminimalisir penumpukan perkara yang dan di PN Surabaya, kami akan mengusulkan penambahan hakim dan saat ini SDM hakim yang ada di PN Surabaya sudah bekerja maksimal,” pungkasnya. Ady