Beranda figur Surin, Anak Nelayan Yang Terjun Ke Dunia Politik

Surin, Anak Nelayan Yang Terjun Ke Dunia Politik

257
0

SIAGAINDONESIA.COM : Besar di kawasan pesisir dan besar dari keringat nelayan, Samsurin, melalui Partai Bulan Bintang (PBB), akan maju ke Pemilihan Umum Legislatif Surabaya, dengan nomor urut 1 di PBB, datang memperjuangkan hak-hak nelayan Surabaya.

Memilih Daerah Pilihan (Dapil) 5, pria yang akrab disapa Surin Welangon ini, mengusung beberapa program. Program yang paling diunggulkan oleh Surin adalah jaminan kesehatan untuk para nelayan.

“Besar dikawasan pesisir pantai, membuat saya ingin memajukan taraf hidup para nelayan. Dengan mengutamakan jaminan kesehatan, serta meningkatkan pendidikan untuk keluarga nelayan,” ujar Surin, Kamis (14/2/2019).

Selain itu, Surin juga berkeinginan menjadikan kawasan pantai, menjadi kawasan yang lebih religius.

“Saya ingin, berdirinya kampung santri bahari. Jika ini terwujud, dampaknya cukup besar untuk masyarakat sekitar. Terutama di segi perekonomian maritim,” imbuhnya.

Ia juga menginginkan adanya investasi berbasis kultulral, sehingga terciptanya kesempatan berusaha dan lapangan pekerjaan.

“Surabaya adalah salah satu kota industri yang maju. Akan tetapi, dampak untuk masyarakat Surabaya kurang mengena. Maka dari itu, dari masyarakat sekitar tempat industri, agar bisa terlebih dahulu bisa merasakan hasil dari industri tersebut,” ungkap Surin.

Surin menambahkan, munculnya masalah baru dengan pembangunan pemukiman baru atau real estate, pemukiman yang sudah ada sebelumnya merasa terhimpit. Hal ini dikarenakan tidak dirangkulnya warga yang lama, dalam menata area pemukiman yang akan dibangun.

“Adanya pemukiman baru, terkadang tercipta gesekan baru, terutama dengan warga yang sudah ada sebelumnya. Maka dari itu, pengembang kawasan perumahan elit, melibatkan warga sebelumnya untuk berperan sebagai pekerja lokal. Hal itu nantinya akan mengurangi gesekan,” ujar pria yang saat ini sibuk menjadi pengurus KONI Provinsi Jawa Timur.

Surin Inginkan Dunia Pendidikan Semakin Maju

Di dunia pendidikan, Surin berharap agar adanya sistem pendidikan ganda, yang bisa mengelola SDM bisa siap memenuhi kebutuhan usaha.

“Jika terpenuhi, maka dunia usaha yang ada bisa terpenuhi SDM nya, dan menggratiskan biaya pendidikan hingga keperluan yang paling detail, seperti alat tulis,” inginnya.

Surin juga menitik beratkan perkampungan sebagai tempat belajar yang sangat kental dengan pendidikan religius di Surabaya.

“Menjaga kawasan perkampungan menjadi basis pendidikan religius, yang tak lepas dari pendidikan ideologi Pancasila. Serta melestarikan budaya kampung di Surabaya, sehingga menaikkan seni budaya, sebagai modal kampung wisata Surabaya, yang siap Go publik,” paparnya.

Yang paling penting, Surin akan berjanji memberikan bantuan hukum pada masyarakat Surabaya, khususnya menengah kebawa.

“Dampingan hukum pada warga yang membutuhkan, terutama dimenengah kebawah akan saya utamakan. Selain itu, kami akan menghibahkan gaji untuk anak yatim dan janda, serta pembinaan prestasi olahraga untuk anak muda,” pungkasnya.

Organisasi yang diikuti oleh Samsurin

– Anggota bidang organisasi KONI Jatim 2010-2022

– Ketua bidang organisasi keanggotaan dan kaderisasi MPC Pemuda Pancasila Surabaya

– Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kota Surabaya

– Staf ahli Persatuan Pengusaha Periklanan Indonesia Provinsi Jawa Timur

– Pengurus HIPMI Jatim

– Pengurus Kadin Kabupaten Gresik

– Pengurus DPD KNPI Jatim

– Biro Futsal Pengprov PSSI Jatim

– Sekretaris Panpel Persebaya (2010-2013)

– Ketua Presidium Dewan Kesenian Surabaya (2004-2008)

(DAP)