Beranda News 15 Menit Bertemu, Sandiaga Prihatin Kondisi Ahmad Dhani Di Penjara

15 Menit Bertemu, Sandiaga Prihatin Kondisi Ahmad Dhani Di Penjara

180
0
Sandiaga Uno Usai Jenguk Ahmad Dhani Dalam Rutan Medaeng Surabaya, (foto: Ad)

SIAGAINDONESIA.COM Terhitung hampir 15 menit Sandiaga Uno berada di dalam Rutan Medaeng untuk menjenguk Ahmad Dhani. Saat keluar dari pintu penjara, Sandi menyampaikan kondisi pentolan Dewa19 selama bertemu.

Meski bersama seratus tahanan didalam sel, menurut Calon Wakil Presiden (Cawapres) No 2 tersebut, Dhani lebih banyak mengumbar senyuman ketika dijenguk.

“Selama pertemuan 15 menit dengan saya tadi, Mas Dhani selalu tersenyum ya ada sekitar 14 menit,” kata Sandi.

Namun saat berada di dalam, Sandi mengaku prihatin melihat kondisi musisi asal Surabaya mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Medaeng Surabaya, Jawa Timur. Sebab, ruangan penjara itu sudah melebihi kapasitas atau over capacity.

“Ibarat kapal, kapal yang hanya mengirim 100 penumpang sekarang diisi lebih dari 500 penumpang. Itu yang perlu kita soroti, yakni over capacity,” jelasnya.

Saking penuhnya rutan itu, para tahanan harus tidur berdesak-desakan.

“Saya sangat prihatin, mungkin banyak sekali masyarakat yang akan kehilangan sanak saudaranya karena keadaan dalam lapas sendiri sangat memprihatinkan,” ungkapnya.

Dalam pertemuan, tidak ada pesan yang disampaikan politisi Partai Gerindra kepada Sandiaga Uno, baik pesan pribadi maupun pesan politik. Dijelaskan Sandi, kedatangannya menjenguk Ahmad Dhani hanya lebih memberikan suport saja.

“Tidak ada pesan yang disampaikan apalagi pesan politik. Kita hanya ngobrol biasa, dan saya hanya lebih memberikan support kepada Mas Dhani,” kata dia.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional, Priyo Budi Santoso mengaku sangat terkejut melihat kondisi Rutan yang over kapasitas. Menurutnya, apa yang dia lihat sudah tidak manusiawi.

“Ini sudah enggak masuk akal, sudah hampir 3000 berkelimpangan seperti ikan sarden. Enggak pake baju ote-ote (tanpa busana) gitu,” tegasnya.

Untuk itu, sebagai mantan pimpinan DPR RI yang membawahi masalah hukum dan HAM, Priyo Budi Santoso akan mencarikan formulasi untuk mengatasi kondisi rumah tahanan.

“Saya tetep akan meminta melalui jalur-jalur yang ada agar over capacity daripada tahanan dan lapas ini segera dicari solusi. Karena kita punya dana untuk itu,” pungkasnya. Ady