Beranda Headline Polda Jatim Tetapkan Asifa Sebagai Tersangka Pemalsuan Surat

Polda Jatim Tetapkan Asifa Sebagai Tersangka Pemalsuan Surat

192
0

SIAGAINDONESIA.COM Polda Jatim akhirnya resmi menetapkan Asifa, sebagai tersangka dalam kasus penggunaan surat palsu.

Setelah melalui proses penyidikan yang panjang, Subdit Ditreskrimum Polda Jatim akhirnya menetapkan Asifa alias Hajah Sutjiati sebagai tersangka dalam kasus penggunaan surat palsu.

Atas penetapan statusnya, kuasa hukum tersangka mengajukan praperadilan dalam persidangan yang digelar pada Jumat lusa.

Dengan penetapan status tersangka Asifa ini, pihak pelapor, Pujiono Sutikno, melalui kuasa hukumnya Yafety Warowu, menyatakan akan memberikan bukti pada praperadilan nanti. Sebelumnya, pihak pelapor telah menggugat secara perdata, namun ditolak oleh hakim Pengadilan Negeri Surabaya.

Kasus ini berawal dari tersangka Asifa, membeli tanah Abdurahman dengan kwintansi tahun 1976 dan dinyatakan oleh Lab Forensik Polda Jatim merupakan spurious signature atau tanda tangan palsu.

“Kwintansi tersebut digunakan sebagai alat bukti di Pengadilan Negeri Surabaya dalam perkara gugatan perdata kepada pelapor Pujiono Sutikno. Dengan kwitansi palsu itu, digunakan tersangka untuk permohonan sertifikat ke bpn dan pembayaran pajak Ipeda dan PBB,” kata Yafety Warowu, kuasa hukum pelapor.

“Fakta lain, sesuai catatan petok 402 atau 473 atas nama Abdurahman Afandi, tidak terdaftar di letter C Kelurahan Mulyosari. Justru, petok tersebut diketahui atas nama Inggriyaniwati dan petok 473 atas nama Sutrisno,” tambahnya.

Sesuai penetapan status dari penyidik Polda Jatim, tersangka Asifa kini dijerat pasal 263 ayat 2 KUHP, tentang pemakaian surat palsu dengan ancaman hukuman paling lama enam tahun penjara.Pak_Dik