Beranda oase Film Pendek Detektif Andy Buka Kebuntuan Film Fiksi Kriminal Tanah Air

Film Pendek Detektif Andy Buka Kebuntuan Film Fiksi Kriminal Tanah Air

332
0
Cover film pendek Detective Andy yang diadaptasi dari buku karya Mia Mutiara.

SIAGAINDONESIA.COM Dalam kurun waktu 2015 -2019, Mia Mutiara telah menerbitkan sembilan buku bertema fiksi kriminal. Delapan buku merupakan serial, dan satu buku kumpulan cerita detektif.

Mia mengakui, saat ini genre fiksi kriminal memang belum sepopuler drama, yang sudah begitu banyak versinya baik novel maupun film.

Menurutnya, di toko buku lebih mudah menemukan novel roman dibandingkan fiksi kriminal. Demikian pula di dunia audio visual. Jumlah film roman jauh lebih banyak daripada film bertema kriminal, entah itu di layar kaca, layar gawai atau layar lebar. Kalau pun ada, lebih didominasi buatan luar negeri.

Cukup mudah menemukan ikonik fiksi kriminal dari luar, seperti Sherlock Holmes ataupun Conan. Sedangkan tokoh dalam negeri, kalah bergema dari tokoh-tokoh luar tersebut.

“Kelangkaan film fiksi kriminal asli Indonesia, memunculkan keinginan untuk bisa mengisi kekosongan tersebut. Saya tergabung di Detectives ID, sebuah komunitas yang beranggotakan para penikmat dan penulis fiksi kriminal, thriller dan sejenisnya,” terang Mia dalam keterangan tertulisnya kepada redaksi, Rabu (6/3/2019).

Pertanyaan tentang kapan ada film fiksi kriminal dalam negeri sering mencuat? Mia melihat peluang itu ketika berkenalan dengan sesama anggota komunitas – Glint Lintjewas, seorang sineas muda yang memiliki minat besar dengan dunia fiksi kriminal.

Glint Lintjewas, sutradara/penulis skenario film pendek Detektif Andy.

“Dari situlah kami merancang untuk membuat sebuah film pendek yang diadaptasi dari seri pertama karya fiksi kriminal saya, Detektif Andy yang berjudul Nyanyian Kematian,” ceritanya.

Bersama Rivo Tentero yang bertindak selaku produser, maka dimulailah perjalanan panjang penggarapan film pendek ini. Dimulai akhir tahun 2017 dan rampung di awal 2019, film pendek Detektif Andy hadir di layar gawai. klik untuk lihat video

Detektif Andy berkisah tentang Andy Syahrul, seorang penulis dan programmer freelance yang memiliki kemampuan mumpuni dalam menganalisis kasus kriminal.

Rivo Tentero, produser film pendek Detektif Andy.

Indra Sakti – sahabat Andy yang diperbantukan di kepolisian, datang membawa kasus bunuh diri berantai dengan maksud meminta bantuan Andy untuk memecahkannya. Andy meragukan kasus itu karena ada petunjuk yang ditinggalkan korban.

Penyelidikan membawanya pada kesimpulan bahwa kasus berantai itu bukanlah bunuh diri. Di saat Andy berusaha mengungkap kasus tersebut, bahaya lain mengintainya.

Film pendek ini berdurasi hampir 50 menit, dapat disaksikan di kanal YouTube Detektif Andy. Digarap bersama oleh RIVOproduction, Creativeproduction dan i2012crew yang semuanya merupakan komunitas film maker dari Manado, Sulawesi Utara.

Diharapkan film pendek ini bisa menjawab kegelisahan para pecinta fiksi krinimal tentang keberadaan film fiksi kriminal asli tanah air.nya