Beranda Bisnis PG Minta Pemakaian Pupuk Organik Petani Didukung Semua Pihak

PG Minta Pemakaian Pupuk Organik Petani Didukung Semua Pihak

135
0
SIAGAINDONESIA.COM Direktur Pemasaran PT Petrokimia Gresik (PG) Meinu Sadariyo menyatakan bahwa Program Peningkatan Produksi Pangan (P4) milik pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas melalui pengawalan kegiatan budidaya pertanian.
Salah satu diantaranya tentang pemakaian pupuk organik oleh petani, perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, penyampaian informasi yang tepat mengenai fungsi dan manfaat pupuk organik dalam budidaya pertanian harus gencar dilakukan.
“Pupuk organik Petroganik, merupakan salah satu pupuk bersubsidi hasil riset PT PG. Pupuk ini lahir pada tahun 2004, sebagai jawaban atas hasil penelitian Pusat Tanah dan Agroklimat Bogor pada tahun 2003 silam,” ujarnya, Senin (11/3/2019).
“Hasil penelitian saat itu, menyebutkan bahwa sebagian besar tanah pertanian di Indonesia mengandung kadar C-organik dibawah 2 persen. Padahal, tanah yang sehat minimal harus mengandung kadar C-organik sebesar 5 persen,” tuturnya.
Di tambahkan Meinu, untuk menjadikan tanah Indonesia kembali sehat. Perusahaannya, menciptakan produk pupuk organik Petroganik dengan kandungan kadar C-organik sebesar 12,5 persen.
“Besarnya kadar C-organik pada pupuk organik Petroganik, tidak berfungsi untuk menambah unsur hara. Tetapi, untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan struktur tanah. Karena, untuk kebutuhan unsur hara tanaman dapat dipenuhi dari pupuk anorganik,” tukasnya.
“Pola pemupukan berimbang ini, merupakan wujud dari keberlanjutan pertanian atau sustainable agriculture. Sebab, pupuk organik berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan menjadikan tanah agar tetap subur,” tandasnya. Zer