Beranda News Ketua Komisi B dan Gubernur Siapkan Jatim Hadapi Industri 4.0

Ketua Komisi B dan Gubernur Siapkan Jatim Hadapi Industri 4.0

204
0

SIAGAINDONESIA.COM Revolusi industri generasi ke-empat atau yang sekarang dikenal dengan sebutan  INDUSTRI 4.0. sepertinya akan menjadi acuan pemerintah dalam melaksanakan kegiatan ekonomi Indonesia berbasis teknologi Digital. Untuk mengantisipasi rencana Pemerintah pusat terkait Industri 4.0 ini,  Pemerintah Jatim juga sudah mulai  merencanakan serta menyusun srategi menyiapkan  perkembangan industri di Jatim.

Ketua Komisi B DPRD Jatim bersama Gubernur Jatim dan jajarannya mengaku sedang  menyiapkan itu semua agar Jatim menjadi provinsi yang mampu menterjemahkan Revolusi Industri Generasi Ke empat ini (Industri 4.0).

“Saat ini Dewan bersama Gubernur Jatim terus menggodok Rencana Pembangunan Industri Provinsi Jatim (RPIP) guna mewujudkan Provinsi Industri yang smart dengan tetap memperhatikan faktor Agro dan industri hijau (Lingkungan) serta mempersiapkan SDM yang handal menghadapi revolusi Industri 4.0,” ungkap Firdaus.

Bagi Politisi Gerindra Jatim ini, dengan SDM yang smart dan familiar dengan tekhnologi digital akan menjadikan mereka mudah menyesuaikan diri dengan kebutuhan industri nasional bahkan internasional, “Saat ini yang namanya revolusi industri ke 4 dimulai dengan revolusi internet yang dimulai pada tahun 90-an, nah tahun 90-an memang belum tahu kalau internet efeknya akan seperti hari ini. Hari ini seluruh negara di dunia baru melihat apa efek dari Internet of things, dan kita para pelaku industri di Jatim harus melek internet serta kebutuhan digital lainnya, ” kata pria asal Dapil Lamongan dan Gersik itu.

“Dengan melakukan penyusunan  RPIP berbasis industri 4.0 ini, diharapkan dapat meningkatkan daya saing industri nasional di kancah global, termasuk daerah yang saya wakili Lamongan dan Gresik. kan disana banyak industri,” pungkasnya. Nang