Beranda aneka Penuhi Kuota Relawan Demokrasi, KPU Ngawi Sediakan Space Bagi Penyandang Disabilitas

Penuhi Kuota Relawan Demokrasi, KPU Ngawi Sediakan Space Bagi Penyandang Disabilitas

393
0

SIAGAINDONESIA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngawi membutuhkan sebanyak 55 orang relawan demokrasi untuk Pemilu 2019. Ketua KPU Kabupaten Ngawi Samsyul Wathoni mengungkapkan, 55 orang relawan demokrasi meliputi berbagai macam basis masyarakat.

Meliputi basis keluarga, pemilih pemula, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, kaum marginal, komunitas, keagamaan, warga internet dan basis warga adat dan budaya.

“Perekrutan relawan demokrasi ini merupakan upaya meningkatkan partisipasi pemilih dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam pelaksanaan Pemilu 2019,” kata Toni sapaan akrab Ketua KPU Kabupaten Ngawi, Senin, (14/01/2019).

Bahkan ia secara khusus menyediakan space bagi penyandang disabilitas sebanyak 5 orang. Jumlah tersebut kata Toni sekarang ini sudah terpenuhi menjelang penutupan pendaftaran relawan demokrasi Selasa besok, (15/01/2019).

Toni menambahkan, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi jika ingin menjadi relawan demokrasi, di antaranya adalah berusia minimal 17 Tahun dan berijazah minimal SLTA/sederajat, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan bukan bagian dari penyelenggara pemilu.

Pelamar juga harusmemiliki pengalaman dalam kegiatan penyuluhan atau aktif dalam organisasi kemasyarakatan atau kemahasiswaan. Setiap calon relawan demokrasi harus membuat program kerja yang akan dilaksanakan.

“Mereka akan bekerja sebagai relawan selama tiga bulan terhitung penetapan. Kehadiran mereka sekali lagi bisa meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu nanti,” pungkasnya. (pr)