Beranda aneka Dandim 0506/Tgr: Hoax Tidak Boleh Dipandang Sepele Dan Perlu Diwaspadai

Dandim 0506/Tgr: Hoax Tidak Boleh Dipandang Sepele Dan Perlu Diwaspadai

169
0
Dandim 0506 Tangerang diruang kerjanya

SIAGAINDONESIA.COM Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden – Wakil Presiden pada 17 April 2019 mendatang tinggal dua bulan lagi. Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah maraknya hoax yang bertebaran di masyarakat, utamanya melalui sosial media dan rentan dipercaya begitu saja oleh masyarakat.

Hoax ini juga menjadi salah satu perhatian Komandan Kodim 0506/Tangerang Letkol Inf Faisol Izuddin Karimi mengatakan, hoax tidak boleh dipandang sepele, karena ini hal yang serius, devide et impera atau upaya memecah belah masyarakat di era moderen ini.

“Ini menjadi concern saya dan kami tengah giat melakukan sosialisasi ke berbagai kalangan, dengan melibatkan mitra Kodim 0506/Tangerang, untuk memberikan pemahaman betapa bahayanya hoax ini, sekaligus bagaimana mengantisipasinya. Hoax ini bagian dari devide et impera, ini yang tidak disadari masyarakat sekarang ini,”kata Dandim 0506/Tangerang di ruang kerjanya, Kamis (7/2/19).

Dandim 0506/Tgr menyampaikan, bahwa hoax itu selalu memanfaatkan hal yang tengah ramai diperbincangkan di masyarakat. Di Indonesia, saat ini tengah ramai mengenai Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden – Wakil Presiden. Ini menjadi ‘kendaraan’ yang menarik untuk hoax. “Sekarang ini, suami-istri bisa berantem hanya karena beda pilihan. Bahkan, di Sulawesi ada yang makam dibongkar hanya karena beda pilihan. Sudah tidak masuk akal jadinya,” ujarnya.

Pria yang pernah menjadi Komandan Kontingen Petembak Indonesia saat menjadi Juara Umum ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-24 di Vietnam tahun 2014 ini menerangkan, secara umum kondisi Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan aman dan kondusif. Hanya memang isu dan hoax di sosial media yang perlu diperhatikan dan diantisipasi. “Perbedaan pasti ada, tidak mungkin perbedaan disamakan. Yang harus kita lakukan adalah, menyatukan perbedaan, karena yang kita butuhkan adalah persatuan, bukan kesamaan,”tuturnya.

Dandim 0506/Tgr menambahkan, membawahi 7 Koramil yang tersebar di Kota Tangerang dan Tangerang Selatan, serta bersinergi dengan Polrestro Tangerang Kota serta Polres Tangerang Selatan. Kodim 0506/Tangerang, siap mewujudkan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden-Wakil Presiden yang langsung, umum, bebas, rahasia, aman, jujur dan adil.

“Babinsa kami setiap hari selalu melakukan sosialisasi dan pencegahan adanya bahaya hoax ini ke berbagai kalangan masyarakat, tentunya dengan gaya bahasa mereka sehari-hari. Pada prinsipnya, TNI dan Polri siap mengamankan Pileg dan Pilpres dengan menyiapkan skema dan strategi dari yang terbaik hingga yang terburuk. Karena lebih baik kita bersiap, tapi syukur tidak terjadi apa-apa, aman dan pasukan tidak dikerahkan. Daripada, kita tidak siap tapi terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Concern kami, saat memasuki Bulan Maret dimana kampanye terbuka mulai berlangsung, kita tingkatkan kewaspadaan, agar konflik dan potensi gesekan yang ada di media sosial, tidak menjelma dalam peristiwa nyata,” [email protected]